TK Calisa Rabbani

Usia 4 sampai dengan 6 tahun merupakan usia emas (golden age) bagi perkembangan fisik dan mental anak tersebut. Otak anak pada masa ini dianalogikan seperti busa yang dengan cepat mampu menyerap air, baik itu air yang kotor ataupun air yang bersih. Oleh karenanya pada masa ini anak sangat mudah menyerap stimulasi dari lingkungan yang baik ataupun yang tidak baik. Pendidikan Taman Kanak-Kanak merupakan salah satu dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang memberikan kontribusi yang sangat besar dalam memberikan stimulasi lingkungan yang baik untuk perkembangan fisik dan psikis anak pada masa itu.

Berawal dari rasa  tanggung jawab akan pentingnya pendidikan anak usia dini, maka pada tahun 2009 Yayasan Al-Amin mendirikn Taman Kanak-Kanak Calisa Rabbani. Pendirinya terdiri dari K.H. Ukar Sukarya, Ibu Hj. Siti Juariyyah, Ust. Parid Wajdi, Ibu Ani Iriani, S.Pd. dan juga keluarga besar K.H. Ukar Sukarya yang turut mendukung dan membantu berdirinya TK Calisa Rabbani. Diangkat sebagai pengelola Ibu Ani Iriani, S.Pd. dikarenakan beliau adalah lulusan sarjana PAUD UNJ dan berpengalaman mengajar di beberapa TK di Jakarta. Pada tanggal 1 Agustus 2009 TK Calisa Rabbani memulai aktifitas pembelajarannya di Gazebo yang berada di tengah kebun, dengan jumlah siswa 37 orang dan guru 2 orang.

Pada saat itu seluruh siswa tidak dikenakan biaya apapun kemudian  pihak pengelola TK mengadakan rapat dengan seluruh orangtua siswa, materi rapat pada saat itu diantaranya penjelasan mengenai pentingnya pendidikan yang berkualitas, untuk mencapai pendidikan yang berkualitas salah satu komponennya adalah didukung dengan biaya. Berdasarkan hasil rapat tersebut akhirnya seluruh orangtua sepakat dengan ada SPP setiap bulan.

Pada tahun 2010 sampai dengan 2014 pembelajaran TK Calisa Rabbani pindah ke gedung baru yang diperuntukan untuk asrama putra, dikarenakan jumlah asrama putra belum banyak dan masih cukup menggunakan gedung lama. Tahun 2015, TK Calisa Rabbani pindah ke bangunan SDIT Al-Amin selama satu tahun. Dan akhirnya TK Calisa Rabbani mempunyai bangunan sendiri yang permanen dengan 5 ruangan yang terdiri dari 2 ruangan kelompok belajar (A dan B), 1 kantor, 1 ruang makan dan 1 ruang bermain indoor. Ibu Ani Iriani, S.Pd. membawa TK Calisa Rabbani menjadi TK teladan se-Priangan Timur dan memperoleh akreditasi A.

Tahun 2019, Ibu Ani Iriani, S.Pd. mengundurkan diri dari jabatannya sebagai kepala sekolah. Lalu yayasan mengangkat Lela Siti Sopiah, S.H.I. menjadi kepala sekolah menggantikannya sampai sekarang.