SETIAP HARI SATU HALAMAN SETOR HAFALAN QURAN

Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp
[ Bercita cita jadi Diplomat dan Mau Kuliah di Sastra Arab Unpad ]
Muhammad Silmi Hanif kelas XII IPS santri MA PAS 80 [ Persis Alamin Sindangkasih] sekarang umur nya 15 tahun asli dari Kota Sukabumi tepatnya di Jalan Bayangkara. Terlahir dari keluarga yang orang tua nya berprofesi guru, Ibunya mengajar di RA dan ayahnya di MI dengan jumlah saudara empat. Plus aktifitas ayahnya adalah aktif di Persis.
Silmi Hanif termasuk santri dengan hafalan 7 juz yang meraih beasiswa Tahfid Qur’an dari Pesantren jadi harus tiap hari setor hafalan quran. ‘’Bacaan dan hafalannya bagus,’’ kata musrif nya.
Silmi Hanif menerangkan cara menghafalnya ‘’membaca dulu yang akan kita hafalkan kalau kita mau menghafal satu halaman atau setengah halaman maka baca dulu kira kira sepuluh kali sambil mengingat huruf nya. Setelah membaca keseluruhan maka selanjutnya menghafal per ayat, paling baca lima kali berulang langsung hafal.’’ tegas nya
Untuk waktu yang enak untuk menghafal adalah waktu ketika luang dan tidak ramai jadi harus tenang. Biasa nya sehabis shubuh durasi waktu menghafal kira kira setengah jam dan sore sebelum magrib lima belas menit sampai setengah jam an untuk malam menghafal pelajaran pelajaran umum.
Ada tantangan dan rintangannya dalam menghafal quran ketika menemukan kata yang sama dalam satu halaman atau surat.
Silmi tinggal diasrama beserta santri lainnya, untuk tinggal di asrama semua santri di bimbing oleh musrif diantara diberi motivasi dll. Punya target setelah tamat di Pesantren Persis Alamin 10 juz.
Dalam hal pelajaran Silmi Hanif kurang suka dalam hal matematika dan IPA padahal waktu SD ikut ajang lomba olahraga tenis meja dan olimpiade matematika. Sekarang minat besar nya pada pelajaran bahasa arab dan ada rencana kuliah ke Unpad jurusan Sastra Arab karena punya cita cita ingin jadi diplomat.
Mengenang ke belakang ketika ditanya kenapa masuk ke PAS 80 [ Persis Alamin Sindangkasih] karena melihat santri Persis Al amin waktu PLKJ ke Sukabumi sangat seru dan kebetulan ayahnya kenal sama Ustad Parid jadi diberi gambaran tentang Pesantren Persis Alamin Sindangkasih. .
Tips nya untuk penghafal quran tetap istiqomah , niat harus kuat , sabar karena dalam menghafal butuh waktu.’’ tegas nya.
=====Status Ahli Al-Quran di Sisi Allah===
“Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga diantara manusia, Mereka (para sahabat) bertanya, “Wahai Rasulullah siapakah mereka?” Beliau menjawab, “Mereka adalah Ahli Al-Qur’an, Merekalah keluarga dan hamba pilihan-Nya.” (HR. Ahmad)
Semoga Allah subhaanahu wa ta’ala mudahkan jalan kita untuk menjadi keluarganya Allah subhanahu wa ta’ala…
AAMIIIN