Pembukaan MATSAMA – Persis Al Amin Berawal dari Masjid

Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp
Hari pertama Pembukaan Matsama [ Masa Ta’ aruf Santri Madrasah] Pesantren Persis Alamin Sindangkasih tahun pelajaran 2021- 2022 di lakukan pada Sabtu 24 Juli 2021 bertempat dipesantren karena kondisi masih pandemi dan PPKM maka dilakukan secara daring dengan Zoom Meeting untuk santri baru dari jenjang MA dan MTs. Setelah absensi, pembukaan di teruskan pembacaan kalam ilahi di lanjut mengisi materi pertama yaitu Sejarah Pesantren Persis Alamin oleh Pimpinan Pesantren Al Ustad Farid Wadji, S.Ag dengan di pandu oleh Ustad Milzamulhaq Mardiya,S.E
”Dalam pemaparannya secara global kita perlu belajar sejarah untuk diketahui sebagai cerminan dan mengambil hikmah dari sejarah itu. Dengan sejarah kita bisa mengetahui orang terdahulu dalam berbuat dan berkarya sehingga bermanfaat. Setengah Alquran menerangkan tentang sejarah kisah kisah nabi, rasul umat yang maju umat yang hancur , orang jahat dan orang baik maka dalam Alquran ada surat khusus tentang sejarah atau kisah yaitu Al-qasas.
Sekarang tentang pesantren secara umum adalah tempat menimba ilmu mengembangkan ilmu untuk menjadi manusia dewasa dan betanggung jawab kepada ilmu nya. Fungsi dan perannya nya sebagai lembaga pendidikan dakwah, sosial kemasyarakata dan sosial ekonomi.
Sejarah tentang Pesantren Persis Alamin Sindangkasih sejak awal adalah sebuah mesjid Alamin yang berdiri kira kira tahun 1985 di kampung Ancol. Aktifitas mesjid seperti biasa nya berkegiatan seperti kuliah subuh, pengajian. Pengajian ini dari hari ke hari terus berkembang sehingga banyak jamaah nya banyak dari luar daerah untuk ikut mengaji. sampa sampai jamaah meluber . berkembangnya pengajian sehingga jamaah menuntut untuk di buatkan lembaga pendidikan sekolah dulu pertama sekolah agama dan terus berkembang terus di bangun MTs, MA dan SDIT. Umur dari MTs ada 30 tahunan dan MA 23 tahun sedangkan SD baru 7 tahunan. Sekarang jumlah tanah sudah ada 3 hektar.
Pesan nya jangan berkecil hati membangun sarana dakwah dari kecil dulu nanti juga besar bertahap seperti bilangan 10 mulai tetap dari angka 1. sekarang Tugas Ustad Ukar [Allohuyarham ] sudah selesai tinggal kita generasi penerus nya untuk memajukan Pesantren Alamin Sindangkasih. Kalau Allah sudah berkehendak pasti Allah akan menolong.
Selain menerangkan sejarah pesantren alamin juga menerangkan tentang bentuk bentuk pesantren ada 3 pesantren salaf tradisonal, pesantren modern dan gabungan pesantren salaf dan modern. Selain itu potensi pesantren itu di dukung oleh kepercayaan masyarakat dan sumber daya insani. Dan terakhir harapan normatif di masyarakat. Berharap anak masuk pesantren beraklak mulia tafaqquh fiddin menguasai iptek dan utamanya menjadi anak yang sholeh. AAMIIN