Daftar

Blog Post

KOMPETISI SAINS MADRASAH ONLINE (KSMO) 2020

Keterangan Gambar : KOMPETISI SAINS MADRASAH ONLINE (KSMO) 2020


KOMPETISI SAINS MADRASAH ONLINE (KSMO) 2020

Adam Abdi AL Ala 20 Jan 2021, 22:18:44 WIB Kegiatan Pesantren

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementrian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar (tahun 2012), mulai tahun 2018 KSM berupaya mengelaborasi dan memadukan sains dengan konteks nilai-nilai Islam. Integrasi sains dan konteks nilai-nilai Islam dalam KSM meliputi:

  1. Soal-soal sains dalam KSM dielaborasi dengan konteks yang ada dalam Al-Qur’an
  2. Soal-soal sains dalam KSM menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam semisal zakat, falak, dan tema lainnya dimaksudkan agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik
  3. Soal keilmuan sains murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap menyejajarkan siswa-siswi madrasah dengan siswa-siswi olimpiadi sains di madrasah.

Berdasar pemikiran diatas, Kementrian Agama melalui Direktorat Jendreral Pendidikan Islam akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM dimulai dari KSM Satuan Pendidikan dan KSM Nasional. 

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa pandemi Covid 19 tidak hanya melanda Indonesia, melainkan juga hampir seluruh wilayah di dunia. Hal ini mengakibatkan berbagai sektor kehidupan mengalami kendala, akan tetapi dalam kondisi apapun, negara harus menjamin keselamatan, kesehatan, dan pendidikan seluruh warga negara. Selama masa darurat Covid-19 kegiatan pembelajaran tidak dapat dilakukan secara normal, siswa belajar dari rumah melalui siswa belajar jarak jauh (BJJ). Hal ini sebagaimana ditunjang dalam SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.

Baca Lainnya :

    Selama masa pandemi Covid-19, siswa tetap harus difasilitasi untuk tetap melaksanakan aktifitas belajar, berkompetisi dan berprestasi dengan tetap memperhatikan dan mentaati protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19, oleh karena itu kegiatan KSM tahun 2020 tetap dilaksanakan dengan menggunakan skema Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) tahun 2020. KSM Online tahun 2020 ini akan menggunakan soal dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab guna menyapkan KSM mendatang yang akan Go Internasional, berkompetisi dengan beberapa negara sahabat.

    Mohon do’a restu dan dukungannya agar siswa/i delegasi MTs Persis Sindangkasih dapat mendapatkan hasil yang terbaik dan dapat membawa pulang piala seperti pada KSM tahun lalu.