KALAU HAFALAN QURAN NYA SUKAR MASUK, INGAT DOSA APA YANG PERNAH KITA PERBUAT DAN BERTOBATLAH

Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp
[Cita Citanya Mau Masuk Tehnik Sipil ITB, Hafalanya Sekarang 8 Juz]
Alquran bisa mendeteksi pelanggaran yang kita lakukan atas perintah Allah SWT dengan cara hafalan Qurannya nya sukar masuk maka intropeksi dulu pelanggaran apa yang telah diperbuat lalu solusi nya bertaubat . Itulah pengalaman selama menghafal quran Yusuf Faiz Annaufal santri berumur 15 tahun sekarang duduk di kelas 9 MTs. Persis Alamin Sindangkasih hafalan Qurannya sedang OTW 8 Juz.
Waktu yang enak untuk menghafal adalah waktu Subuh. Pertama membaca dulu Alquran satu halaman atau kadang setengah halaman. Dibaca 10 kali kalau belum masuk di ulang lagi nanti sore setelah pulang sekolah setor ke kaka nya yang kebetulan Hafidzoh 30 Juz dan rencana kaka nya mau melanjutkan ke Pondok Tahfid Wadil Quran Tangerang untuk melancarkan lagi.
Yusuf termasuk santri yang rajin dan tekun dalam menghafal quran karena hampir setiap hari harus setor hafalnnya ‘’ga ada libur nya .’’ tegas nya
Kalau di tanya Rintangan Tantangan dalam menghafal ia menjawab karena ada rasa malas . Terus kalau lagi nafsu [ emosi] marah marah itu yang membuat hafalannya ga masuk masuk jadi kalau menghafal quran itu harus tenang, ditambah lagi kalau hafalannya ga masuk masuk berarti kita pernah melanggar apa yang diperintahkan dalam ayat tersebut.’’ terangnya
Ditanya Seperti apa kalau nafsu nya, ‘’kalau menghafal nya di suruh suruh jadi kalau menghafal dengan terpaksa itu sulit masuk inti harus ada kesadaran dan kemauan sendiri. ‘’ jelasnya
Selama menghafal quran Yusuf juga masih di bimbing sama orang tua nya , kebetulan orang tuanya Alumnus Unpad yang sekarang menjadi Assatid [guru] di Pesantren Persis 80 Al amin dan Umi nya berkarir di Pesantren yang sama di bagian SDM.
Alhamdulilah selama belajar di Pesantren Persis Alamin Yusuf merasa nyaman dan enak nanti juga tetap mau melanjutka ke MA yang sama. Pelajaran yang disuka nya Hadist, Matematika dan Ipa.
Mengenang prestasi waktu SD pernah Juara lomba lari di Dadaha Tasikmalaya , futsal juara 1 dan volley ball juara 3 antara SD se kecamatan.
Ketika di tanya cita cita Insyaalah Yusuf punya cita cita ‘’ingin menjadi Insiyur dan ingin melanjutkan ke Tehnik Sipil ITB.’’ tegasnya
Ada pun tips nya kalau menghafal harus tenang jangan emosi kalau sukar masuk harus ingat dosa apa yang pernah lakukan dan bertaubatlah.
======================================
Keutamaan menghafal Al Quran diantaranya adalah dikabulkannya keinginan oleh Allah SWT.
Dalam hadist riwayat Tirmidzi, dari Sa’id al-Khudri Ra, Nabi Muhammad bersabda, “Allah berfirman, ‘Barang siapa yang disibukkan dengan al-Quran dan mengingat-Ku, maka akan aku berikan keutamaan kepadanya lebih besar dari apa yang Ku berikan kepada lainnya dan keutamaan kalam Allah dibanding kalam lain ibarat keutamaan Allah dengan mahluknya.”