Home Room Program Sebagai Terapi Lingkungan Untuk Santri

Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on telegram
Share on whatsapp
Home Room Program adalah salah satu program bagian dari terapi lingkungan yang di lakukan untuk santri MTs. Persis Sindangkasih yang bertujuan mempererat tali kekeluargaan dan membangun kekompakan disetiap kelas. Santri satu kelas berkumpul dirumah seseorang yang orang tua murid nya siap menampung untuk dijadikan tuan rumah. Kegiatan ini berupa game, ice breaking simulasi simulasi yang membuat si anak bahagia.
Usman Hidayat,S.Psi sebagai guru BK mengatakan kegiatan ini untuk mengetahui karakter santri masing masing kelebihan dan kekurangan teman nya maka di perlukan keakraban santri waktu di kelas sebab nanti ada semacam tebakan karakter seseorang apabila santri tidak bisa menebak atau menjawab bisa di identifikasi bawa santri ini kurang akrab dengan teman nya.
Alasan dan Latar belakang diadakan kegiatan ini ada Anak dikelas merasa tersisihkan, kurang di akui oleh teman temanya padahal itu cuma perasaan. Dengan perasaan itu Supaya ingin di akui ingin di sebut ‘Wah’ oleh lingkungan sekolah maka bikin macem macem bisa menjadi provokasi teman nya untuk melakukan kegiatan negatif.
‘’Anak nakal itu sebenarnya alam bawah sadar tidak mau nakal karena terasingkan dari lingkungan maka buat onar masalah mengajak teman temannya ke hal hal yang negatif.
Maka perlu terapi lingkungan dengan kegiatan tadi supaya kompak, seras, guyub. Satu arah.
Dengan melakukan kegiatan ini nanti disetiap kelas lebih kondusif belajar dan bahagia.
Ada teori masa masa remaja teman sebaya itu dianggap lebih penting dari teman sebaya nya di bandingkan ortu. Dengan terapi lingkungan mudah mudah anak bisa mawas diri dan juga diperlukan pengawasan lingkungan oleh semua pihak baik ortu maupun guru dipesantren.’’ tambah nya