Terima Keputusan Sidang Isbat, Ini Penjelasan Persis

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Kemenag

Kemenag

persisalamin – Dalam Sidang Isbat penetapan 1 Syawal 1436 H yang digelar Kementerian Agama, Kamis (16/7) petang, seluruh peserta menerima keputusan Sidang Isbat, termasuk Persatuan Islam (Persis). Dengan keputusan ini, Idul Fitri dilaksanakan secara serempak, Jum’at, 17 Juli 2015.

Ketua Umum Persis, M. Abdurrahman mengatakan, keputusan itu diterima karena telah memenuhi kriteria yang diajukan Persis.

“Tadi itu (Sidang Isbat, red) memenuhi kriteria yang kita ajukan,” ujarnya saat dihubungi persisalamin.com

Abdurrahman menjelaskan, kriteria yang diajukan Persis adalah ketinggian hilal, jumlah kesaksian hilal, dan atau citra visual.

“Kita mensyaratkan ketinggian hilal minimal 3 derajat, tadi mencapai 3,11. Jadi sudah tercapai, lebih dari cukup,” katanya.

“Kesaksian juga kita syaratkan minimal dari 2 tempat, ini ada di 4 tempat,” imbuhnya.

Ditanya soal pembuktian citra visual, Abdurrahman menjelaskan, kriteria tersebut hanya salah satu syarat yang diajukan. Terlebih dua kriteria sudah terpenuhi.

“Selain itu, pembuktian dengan citra visual memakan waktu sampai dua bulan. Tapi tidak masalah, sebab yang dua poin sudah tercapai. Ini sudah sangat cukup memenuhi,” terangnya.

“Kita menetapkan Idul Fitri jatuh pada hari Jum’at, 17 Juli 2015,” imbuhnya.

Abdurrahman menegaskan, Sidang Isbat telah memenuhi kriteria yang diajukan Persis, seperti yang direkomendasikan oleh DHR dan Dewan Hisbah Persis.

“Ini sudah sesuai dengan yang diinginkan oleh DHR dan Dewan Hisbah Persis,” katanya.

Ketum Persis ini juga mengimbau seluruh keluarga besar Persis untuk melaksanakan salat Idul Fitri, Jum’at (17/7) esok.

“Saya perintahkan kepada seluruh keluarga besar Persis agar melaksanakan salat Idul Fitri. Wajib besok untuk melaksanakan salat sunat,” pintanya. (IK/4802)

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply