Sweeping Atribut Natal Dilarang, Persis: Masyarakat Wajib Mengawasi

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Sweeping

Sweeping

persisalamin – Kapolri Jenderal Tito Karnavian memerintahkan aparatnya untuk menindak dan membubarkan ormas yang melakukan razia terhadap penggunaan atribut natal. Tito juga mengingatkan agar tidak ada pihak manapun melakukan razia, termasuk ormas Islam.

Menyikapi hal itu, Wakil Ketua Umum Persatuan Islam (Persis), JJ. Zaenudin mengatakan, pihaknya sepakat dengan Kapolri. Hanya saja, kata dia, masyarakat tetap harus mengawasi penggunaan atribut natal.

“Dalam penegakan hukum, masyarakat punya hak dan tanggung jawab berpartisipasi melalui pengawasan dan pelaporan,” kata Zaenudin dalam pesan yang diterima redaksi.

“Jadi konteksnya bukan merazia atau sweeping, melainkan mengawasi dan melaporkan,” jelasnya.

Dia menjelaskan, pengawasan dilakukan bisa terhadap non muslim dan umat Islam. Terhadap non muslim, pengawasan dilakukan untuk memastikan tidak ada pelanggaran HAM. Non muslim, kata dia, tidak boleh memaksakan umat Islam mengenakan atribut natal.

“Jika ditemukan kasus seperti itu (pemaksaan, red.), masyarakat harus melaporkannya ke pihak berwajib untuk ditegur dan diproses hukum,” imbaunya.

Sedang pengawasan terhadap umat Islam, sambungnya, untuk memastikan tidak ada pelanggaran terhadap ajaran Islam. Merujuk pada fatwa MUI, umat Islam tidak boleh melakukan ibadah agama lain.

“Fatwa MUI mengikat umat Islam agar tidak merusak akidahnya dengan ikut ikutan ibadah umat lain,” terangnya.

Masih kata Zaenudin, toleransi harus ditegakkan secara benar, proporsional, dan adil.

“Sesuai dengan prinsip-prinsip agama tanpa pelanggaran atas hak asasi seseorang,” pungkasnya

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply