Persis: 9 Muharram Jatuh pada Hari Selasa

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Kantor Pimpinan Pusat Persis

Kantor Pimpinan Pusat Persis

persisalamin – Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis) telah menetapkan bahwa tanggal 9 Muharram 1438 H jatuh pada hari Selasa bertepatan dengan tanggal 11 Oktober 2016. Sekretaris Umum Persis, Haris Muslim mengatakan, penanggalan tersebut sesuai dengan penghitungan Dewan Hisab dan Rukyat (DHR) Persis.

“Kita tidak pernah mengubah penanggalan tersebut. Untuk 9 dan 10 Muharram tahun ini (1438) jatuh pada hari Selasa dan Rabu,” ujarnya kepada persisalamin.com, Ahad (9/10).

Penanggalan hijriyah tahun ini kembali terdapat perbedaan. Tak hanya antarormas Islam, namun perbedaan juga terdapat di internal Persis. Di beberapa pesantren Persis, ada penanggalan yang berbeda dengan kalender yang diterbitkan PP. Persis. Karena itu, Haris meminta terutama jamiyah Persis untuk menyesuaikan dengan kalender yang diterbitkan PP. Persis.

“Memang dalam praktiknya ada pesantren-pesantren yang membuat kalender masehi. Kalau masehi itu kan percetakan itu mengikuti kalender pemerintah. Tetapi yang resmi adalah yang diterbitkan PP. Persis,” katanya.

“Jadi jangan ragu-ragu dan yang jadi pegangan adalah almanak Islam PP. Persis,” tegasnya.

Haris meminta seluruh pimpinan Persis di berbagai tingkat termasuk pesantren-pesantren yang membuat kalender untuk menyesuaikan dengan kalender yang  diterbitkan PP. Persis, sesuai dengan perhitungan DHR Persis.

“Kami mengimbau seluruh unsur-unsur Jam’iyah Persis yang membuat kalender untuk merujuk kepada kalender yang diterbitkan PP. Persis,” pintanya.

“Selan jam’iyah tidak boleh membuat kalender yang megatasnamakan Persis,” tambahnya.

Berdasarkan  penetapan itu, maka saum sunah tasu’a asyura di lingkungan Persis dilaksanakan pada hari Selasa dan Rabu, bukan Senin dan Selasa.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply