Presiden Myanmar Disebut Ada Di Balik Genosida atas Muslim Rohingya

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Muslim Rohingya

Muslim Rohingya

persisalamin – Sebuah dokumen rahasia ditemukan sejumlah aktivis kemanusiaan di Myanmar. Dokumen tersebut berisi agenda pemerintah Myanmar yang hendak melakukan pembunuhan besar-besaran terhadap etnis muslim Rohingya. Isi dokumen tersebut diperkuat oleh hasil penelitian yang dilakukan Universitas Yale Law School dalam waktu tak kurang dari delapan bulan.

“Memperhatikan skala kekejaman atas Rohingya dan gelagat para politisi di negara itu sangat sulit untuk tidak menyimpulkan bahwa ada agenda genosida terhadap muslim Rohingya,” ujar laporan tersebut seperti dikutip Aljazeera.

Pembantaian besar-besaran Budhis terhadap Muslim Rohingya yang meletus pada 2012 diyakini sebagai provokasi pemerintah. Kerusuhan yang menewaskan ribuan jiwa muslim Rohingya dan puluhan ribu rumah dibakar itu sebagai upaya memusnahkan etnis Rohingya dari Myanmar. Kerusuhan tersebut, dinilai bukan sebagai konflik horizontal, melainkan upaya pembunuhan besar-besaran.

“Bukan kekerasan komunal, tapi ini bagian dari proses genosida. Pemerintah Myanmar menggunakanhate speech untuk memprovokasi Budhis agar membantai muslim Rohingya,” ungkap laporan tersebut.

Pemerintah Myanmar sengaja menyebar fitnah bahwa muslim Rohingya akan melakukan penyerangan terhadap Budhis. Propaganda tersebut berhasil memantik kebencian Budhis terhadap muslim Rohingya yang berlanjut pada pembantaian besar-besaran terhadap etnis minoritas itu.

Menindaklanjuti temuan tersebut, DK PBB didesak untuk segera menelusuri termuan tersebut dan mengadili pelaku kejahatan kemanusiaan tingkat berat. Pendiri Kelompok Advokasi Fortify Hak, Matt Smith, meminta semua tokoh yang terlibat dalam tragedy tersebut diadili, termasuk Presiden Myamar terpilih, Aung Sang Suu Kyi.

“Sejumlah nama yang paling berpengaruh dan kuat di negeri ini harus diadili oleh pengadilan internasional,” pintanya.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply