Penjelasan MUI Tampar Syafii Maarif

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Syafii Maarif

Syafii Maarif

persisalamin – Dalam beberapa kesempatan, tokoh Jaringan Islam Liberal (JIL), Syafii Maarif  menyebut MUI gegabah dalam mentapkan dan mengeluarkan pendapat dan sikap keagamaan terkait soal penistaan Al-Qur’an yang dilakkan oleh Gubernur DKI non aktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Sontak pernyataan tersebut menuai kecaman.  Waketum MUI, Zainut Tauhid Sa’adi menyangkal tudingan Maarif. Dia menegaskan, tudingan Maarif terhadap MUI sangat tidak berdasar.

“Mengatakan bahwa MUI tidak cermat dalam mengambil keputusan adalah tuduhan-tuduhan yang tidak beralasan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pendapat dan sikap keagamaan yang dikeluarkan MUI telah melalui proses yang sangat panjang. Sikap tersebut dikeluarkan setelah melalui forum yang dihadiri berbagai komisi yang ada di MUI.

“Majelis Ulama Indonesia membentuk sebuah tim untuk melakukan penelitian, pengkajian, pendalaman terhadap berbagai persoalan. Tim itu meliputi berbagai komisi antara lain komisi pengkajian, komisi hukum dan HAM, komisi fatwa, dan komisi informasi dan komunikasi,” paparnya.

Masih kata Sa’adi, tim yang bertugas melakukan pengkajian dan penelitian terhadap kasus Ahok itu melaporkan kepada pimpinan MUI. Laporan tersebut kemudian ditindaklanjuti dan ditetapkan sebagai pendapat dan sikap keagamaan MUI.

“Hasil dari pengkajian dan penelitian itu dilaporkan oleh tim ke dewan pimpinan MUI. Dan ditetapkan sebagai pendapat dan sikap keagamaan MUI yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum MUI dan Sekjen,” tegasnya.

Dia juga menjelaskan, pendapat dan sikap keagamaan yang dikeluarkan MUI berbeda tingkat dan kekuatannya dengan fatwa. Untuk menetapkan fatwa, sambung dia, cukup dirumuskan di komisi fatwa. Tetapi, masih kata Zainut, kalau merumuskan dan menetapkan pendapat dan sikap keagamaan, harus melalui proses yang panjang dan melibatkan berbagai komisi bahkan konfirmasi ke berbagai pihak.

“Pendapat dan sikap keagamaan itu, kedudukannya lebih tinggi daripada fatwa,” terangnya.

“Ini persoalan yang sangat serius, bisa menimbulkan konflik besar, bisa menimbulkan disintegrasi bangsa,” tegasnya.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply