Ini yang Dilakukan PKI Sebelum Kudeta

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
PKI

PKI

persisalamin – Puncak pemberontakan yang dilakukan oleh PKI adalah apa yang disebut dengan G30SPKI. Gerakan yang juga disebut dengan Operasi Takari itu dipimpin Letkol Inf. Untung. Gerakan ini adalah upaya mengambil alih negara oleh PKI dengan terlebih dulu menculik dan membunuh sejumlah petinggi TNI Angkatan Darat. Dalam operasi tersebut sedikitnya 7 orang jenderal TNI Angkatan Darat yang menjadi sasaran penculikan dan pembunuhan PKI.

Sebelum melakukan operasi itu, ada sejumlah persiapan yang dilakukan PKI. Di bawah komando DN Aidit sebagai pimpinan tertinggi, PKI melakukan persiapan-persiapan sebelum operasi. Selain di Jakarta sebagai pusat gerakan, persiapan juga dilakukan di berbagai daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Riau, Bali, dan NTT.

Ketua Biro Khusus PKI mengisntruksikan pimpinan PKI Jawa Tengah, Lie Tung Tjong alias Harjana untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk melancarkan G30SPKI. Demikian juga kepada Biro Khusus Jawa Barat, Ismail Bakri. Mereka kemudian melanjutkan instruksi tersebut kepada bawahannya antara lain Tasikmalaya, Ciamis, Garut

Di Jawa Barat, persiapan G30SPKI dilakukan dengan mengangkat 4 koordinator pelaksana gerakan. Mereka adalah S. Suryana yang ditugaskan sebagai koordinator Kota Bandung, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis. Sedangkan Sutardi ditugaskan sebagai coordinator Indramayu, Kuningan, dan Majalengka. Adapun Suganda, ditugaskan sebagai koordinator daerah Bogor, Sukabumi, dan Cianjur. Sedangkan daerah Bekasi, Subang, dan Karawang berada di bawah koordinasi Mustafa.

Hal serupa juga dilakukan di daerah-daerah lainnya. Mereka membentuk komando tingkat provinsi. Tujuannya adalah untuk menyatukan anggota TNI-AD yang berhasil disusupkan PKI. Selain itu, pembentukan komando tersebut untuk melemahkan peran TNI-AD setempat.

Langkah lain yang dipersiapkan adalah menyusun dewan revolusi yang bertugas menemui para Pangdam untuk membuat pernyataan mendukung G30SPKI saat gerakan dimulai. Dewan revolusi juga bertugas untuk menguasai gedung-gedung vital seperti markas komando militer, RRI, Kantor Telkom, Stasiun KA, Bandar Udara, dan gedung-gedung pemerintahan.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply