Haruskah Ahok Diadili Rakyat?

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Ahok

Ahok

persisalamin – Ucapan Ahok yang terbukti telah menistakan Islam belum mendapat hukuman yang sesuai dengan prinsip keadilan. Bareskrim baru sebatas menetapkan Ahok sebagai tersangka. Dengan alasan yang dibuat-buat, Kapolri Tito Karnavian mengatakan belum bisa menahan Ahok. Walhasil, Ahok pun masih bebas berkeliaran layaknya warga tanpa salah. Dan memanfaatkannya untuk berkampanye meski berkali-kali mendapat penolakan warga.

Dengan nalar yang sangat sederhana, rakyat bisa menilai bahwa Polri telah mempraktikkan ketidakadilan. Sikap yang diberikan pemerintah kepada Ahok sangat kentara ada pembelaan. Bahkan pernyataan-pernyataan Tito sebagai Kapolri dalam banyak kesempatan semakin mempertegas pembelaan Kapolri terhadap Ahok. Karenanya tak heran banyak yang meyebut bahwa Tito sebagai Jubir dan Pengacara Ahok.

Melihat penegakan hukum di masa lampau, siapapun yang terbukti menistakan agama telah dihukum; dipenjara. Arswendo Atmawiloto, Lia Eden, dan politikus Gerindra, Permadi adalah diantara pelaku penistaan agama, semuanya ditahan. Namun hal berbeda diberlakukan terhadap Ahok. Ahok masih bebas meski sudah menyandang status tersangka.

Sikap Polri yang tebang pilih itu, membuat kepercayaan rakyat terhadap penegak hukum tak hanya berkurang namun hilang. Polri tak lagi dapat diandalkan sebagai institusi penegak hukum yang adil dan profesional. Jika penegak hukum tak lagi dipercaya untuk menegakkan hukum, maka tak ada pilihan lain kecuali rakyat yang bergerak untuk menegakkan hukum.

Sejauh ini rakyat masih bersabar atas langkah- langkah Polri dalam menangani kasus yang membelit Ahok. Namun jangan keliru menyikapi sikap rakyat, terlebih memanfaatkan kesabaran rakyat untuk mempermainkan hukum. Polri harus paham bahwa kekuatan rakyat jauh lebih besar daripada kekuatan politik.

Jika penegak hukum sudah tidak bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, maka biarkanlah rakyat yang menegakkan keadilan. Ahok yang telah terbukti menistakan Islam, biarkanlah diadili oleh umat Islam. Ya, jika pemerintah tak juga menghukum, maka biarlah rakyat yang memberi hukuman. Biarkanlah massa yang mengadili Ahok. Di mana saja Ahok berada, saat itulah rakyat yang mengadili.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply