Ayah, Kau pun Wajib Mendidik Anak

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Mendidik anak adalah kewajiban kedua orang tua; ayah dan ibu. Baik atau buruknya akhlak anak, tergantung pada pendidikan yang diberikan kedua orang tuanya. Karenanya, baik ayah maupun ibu, keduanya bertanggung jawab atas pendidikan anak. Adalah keliru bila ada anggapan bahwa mendidik anak merupakan tugas bagi ibu saja.

“Anggapan bahwa pendidikan dan perkembangan anak menjadi tanggung jawab ibu saja itu keliru.  Karena ayah juga memiliki tugas dan tanggungjawab terhadap anak, “ ujar Dosen Filsafat Pendidikan Islam di STAI Persis Garut, Nashrudin Syarif dalam salah satu kesempatan.

Dia menambahkan, meski ayah bertugas mencari nafkah, tidak berarti ayah tidak memiliki tanggung jawab untuk mendidik anak. Mendidik anak, lanjutnya, perlu peran ke dua orang tua; ayah dan ibu.

“Jika kondisinya memang hanya ada ibu saja (ayah meninggal), maka hanya ibu yang memiliki tanggungjawab untuk mendidik,” ujarnya.

Adapun pendidikan yang harus diberikan kepada anak, kata dia, yang paling mendasar adalah pendidikan agama seperti tentang salat baik teori maupun praktiknya, fungsi, hingga maknanya.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply