ANNAS Desak Presiden Jelaskan Kunjungannya Ke Iran

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ANNAS

ANNAS

persisalamin – Ketua Umum Aliansi Nasional Anti Syi’ah (ANNAS), Athian Ali M. Da’i meminta pemerintah menjelaskan sejumlah langkah terkait dengan kebijakan luar negeri. Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Iran dan bertemu dengan Presiden Iran, Hassan Rouhani, Rabu (14/12). Padahal, pada saat yang sama rezim Syi’ah Bassar Assad yang juga didukung Syi’ah Iran tengah melakukan genosida terhadap umat Islam di Aleppo, Suriah. Tak hanya itu, Indonesia juga menolak bergabung dalam aliansi militer pimpinan Arab Saudi yang beranggotakan 34 negara.

“Alasannya kan selalu sama, standar; bahwa Indonesia menganut prinsip bebas aktif. Tidak terlibat dalam hal itu, kecuali terlibat dalam perdamaian,” ujar Athian saat bebincang dengan persisalamin.com.

Dia menyayangkan sikap Pemerintah Indonesia yang enggan bergabung dengan kolalisi negara-negara Islam. Jokowi menurutnya tidak paham bahwa dirinya sedang memimpin sebuah bangsa yang sebagian besarnya adalah umat Islam. Seharusnya, kata dia, pemerintah mengambil langkah strategis mewakili umat Islam Indonesia untuk menyelamatkan Aleppo.

“Pemerintah ini tidak sadar bahwa mereka sedang memerintah sebuah negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Dia kan harus memperhatikan aspirasi rakyat. Sedangkan rakyat yang dipimpinnya mayoritas adalah beragama Islam,“ jelas Athian.

“Seharusnya dia mengambil langkah-langkah yang bisa ikut melakukan peran untuk mewakili warga negaranya yang mayoritas muslim,” imbuhnya.

Pihaknya juga meminta pemerintah untuk menjelaskan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Iran. Meski disebut menghasilkan kesepakatan kerjasama di bidang ekonomi, namun ditengarai ada kerjasama lain yang disepakati kedua pemimpin negara itu.

“Pemerintah harus memberikan klarifikasi. Kita dari ANNAS sudah mengirim surat ke pimpinan DPR untuk meminta penjelasan pemerintah. Kabarnya baru akan direspon nanti tanggal 22,” terangnya.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply