Kenali Para Tokoh JIL Ini

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
JIL

JIL

Jaringan Islam Liberal (JIL) merupakan salah satu komunitas yang paling bertanggung jawab atas berkembangnya pemikiran-pemikiran nyeleneh di Indonesia. JIL juga bertanggung jawab atas banyaknya orang-orang yang berani menentang Islam. Tak hanya itu, karena ‘jasa’ JIL juga, semakin banyak orang-orang yang gemar merendahkan para ulama. Pemikiran-pemikiran hasil kaderisasi JIL, ramai-ramai menyerang para ulama bahkan institusinya, MUI. Mereka dengan berlagak seperti cendekiawan muslim terus menerus menghantam MUI.

Di Indonesia, JIL berdiri pada tahun 2001, tepatnya pada bulan Maret. Sejumlah kaum muda yang telah mengenyam pendidikan Islam di kampus-kampus Amerika dan Eropa, kembali ke tanah air dan mengembangkan pemikiran-pemikirannya. Mereka gencar mengkampanyekan pemikiran plural, sekular, dan liberal di berbagai instansi termasuk di lembaga-lembaga pendidikan.

Pemerhati perkembangan pemikiran liberal, Budi Handrianto, mengelompokkan aktivis JIL ke dalam 3 kelompok; kelompok pelopor, kelompok senior, dan kelompok penerus. Pengelompokkan tersebut, selain didasarkan pada usia, juga didasarkan pada popularitas dan perannya dalam mengambangkan JIL. Berikut adalah tokoh-tokoh dari berbagai kelompok tersebut.

Kelompok Pelopor

Abdul Mukti Ali
Abdurrahan Wahid (Gusdur)
Djohan Effendi
Harun Nasution
M. Dawam Raharjo
Munawir Sjadzali
Nurcholis Madjid

Kelompok Senior

Abdul Munir Mulkhan
Ahmad Syafi’I Maarif
Alwi Abdurrahman Shihab
Azyumardi Azra
Goenawan Mohammad
Jalaluddin Rahmat
Kautsar Azhari Noer
Komaruddin Hidayat
M. Amin Abdullah
M. Syafii Anwar
Masdar Farid Mas’udi
Moeslim Abdurrahman
Nasaruddin Umar
Said Aqil Siradj
Zainun Kamal

Kelompok Penerus

Abd A’la
Abdul Muqosith Ghazali
Ahmad Fuaf Fanani
Ahmad Gauss AF
Ahmad Sahal
Bahtiar Effendy
Budhy Munawar Rahman
Denny J.A
Fathimah Usman
Hamid Basyaib
Husein Muhammad Ihsan Ali Fauzi
M. Jadul Maulana
M. Luthfi As-Syaukani
Muhammad Ali
Mun’im A. Sirry
Nong Darol Mahmada
Rizal Malarangeng
Saiful Mujani
Siti Musdah Mulia
Sukidi
Sumanto Al-Qurthubi
Syamsu Rizal Panggabean
Taufik Adnan Amal
Ulil Abshar Abdalla
Zuhairi MIsrawi
Zuly Qodir

Selain yang disebutkan, tentu masih banyak tokoh-tokoh yang mengusung pemikiran-pemikiran liberal di Indonesia. Karena pemikiran-pemikiran itulah, banyak kader-kader bangsa Indonesia yang berani merendahkan Islam, merendahkan para ulama, bahkan merendahkan para Nabi, termasuk Nabi Muhammad SAW. Sikap mereka semakin jelas bukan hanya memusuhi Islam, tetapi mereka juga yang paling getol melakukan pembelaan terhadap aliran-aliran menyimpang di Indonesia.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply