Rakyat Mesir Turun Ke Jalan Tuntut Perbaikan Ekonomi

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Kondisi ekonomi Mesir dikabarkan terus memburuk. Negara piramida itu mengalami inflasi sebesr 14 persen yang diperkirakan akan terus meningkat. Kondisi itu mengakibatkan harga kebutuhan pokok meningkat tajam. Pemerintah di bawah Al-Sisi dianggap mengabaikan hal buruk itu. Menuntut agar pemerintah segera bertindak atas krisis itu, rakyat Mesir menggelar unjuk rasa di berbagai kota di Mesir.

Melalui media sosial, rakyat Mesir di bawah komando yang dinamakan Gerakan Rakyat Miskin menggelar aksi unjuk rasa dan menuntut Presiden Al-Sisi untuk memperbaiki ekonomi. Namun aksi itu dihadang aparat setempat karena dianggap tidak mengantongi izin. Mesir tidak mengizinkan demonstrasi sejak pemerintahan Mursi digulingkan militer dan digantikan Al-Sisi.

Akibat bentrokan itu, sedikitnya 130 massa ditangkap. Polisi anti huru-hara juga dikerahkan ke berbagai titik yang terjadi aksi unjuk rasa. Mereka menembakkan gas air mata dan peluru karet ke arah demonstran.

Mesir dilanda krisis ekonomi sejak jatuhnya Husni Mubarak pada 2011. Kondiis tersebut semakin memburuk selama beberapa bulan terakhir. Rezim Al-Sisi pun meminta pinjaman kepada IMF sebesar 12 milyar dolar Amerika Serikat.

Kondisi itu diperparah dengan semakin tidak jelasnya politik dalam negeri, ketidakjelasan penegakan hukum, dan ekonomi yang labil. Mesir kini tengah berada di ambang kebangkrutan.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply