Potensi Perang Dunia Ke-3, Filipina Merapat ke Rusia

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Perang dingin antara AS dengan Rusia tak pernah berhenti. Kedua negara saling unjuk gigi memamerkan kekuatan militer masing-masing. Baik AS maupun Rusia, keduanya mencari perhatian dunia dan berebut menjadi negara super power. Seakan memasuki puncaknya, perang dingin itu disilnyalir bakal berujung pada perang besar yang melibatkan banyak negara di bawah komando AS versus Rusia. Beberapa hari terakhir, Rusia memangil seluruh warganya agar pulang ke Rusia. Sejumlah pengamat menyatakan, langkah Putin ini sebagai persiapan untuk menghadapi kemungkinan perang dunia ke-3.

Konfrontasi AS dengan Rusia bakal menimbulkan dua kubu besar. Sejumlah negara baik di Eropa, Amerika, Afrika, dan Asia bakal turut bergabung baik dengan AS atau dengan Rusia. Salah satu negara Asia Tenggara, Filipina sudah menunjukkan arah kebijakan luar negerinya.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte melakukan kunjungan ke Cina, salah satu negara sekutu Rusia. Dalam kunjungannya itu, Duterte menegaskan akan mencabut izin latihan perang dengan militer AS. Sebaliknya, negaranya akan melakukan latihan perang bersama dengan tentara Cina maupun Rusia.

“Saya telah memberikan waktu yang cukup kepada Amerika untuk latihan perang  di Filipina. Dan ini merupakan kesempatan terakhir untuk mereka,” ujar Duterte.

Berbeda dengan Benigno Aquino, presiden Filipina sebelumnya, Duterte menjauh dari AS dan merapat ke Rusia dan Cina. Kebijakan itu diambil terutama setelah Barak Obama mengkritik kebijakan Duterte soal perang terhadap narkoba yang menewaskan hampir 5 ribu jiwa. Hubungan pemimpin kedua negara itu semakin memburuk setelah Duterte dengan keras mengecam Barak Obama.

Duterte mengatakan akan membeli peralatan perang ke Cina. Meski dalam jumlah yang tidak terlal besar, langkah ini akan menghentikan penjualan peralatan AS ke Filipina.

“Saya akan membeli senajata dari Cina, tapi jumlahnya tidak terlalu besar. Kami membutuhkan itu untuk memperang terorisme,” katanya.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply