Nabi Muhammad Paling Berpengaruh di Dunia, Ini Alasannya

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Michael H. Hart

Michael H. Hart

persisalamin – Pada tahun 1978, seorang orientalis yang juga peneliti berkebangsaan Amerika, Michael H. Hart mempublikasikan daftar orang-orang yang paling berpengaruh di dunia. Tokoh yang dimasukannya ia batasi tak lebih dari 100 orang. Sementara prestasi yang dijadikannya sebagai ukuran sangat beragam, baik dari agama, keilmuan, peradaban, dan lain sebagainya, yang semuanya dianggap memiliki pengaruh sangat besar bagi dunia, demikian pula peradabannya. Obyek yang dijadikannya penelitiannya pun lintas benua dan agama.

Yang mengejutkan dunia, dari 100 tokoh yang disebutnya paling berpengaruh itu, urutan teratas ditempati tokoh yang sangat kontras dengan dirinya, baik agama maupun bangsanya, yaitu Nabi Muhammad SAW. Tanpa keraguan sedikitpun, Ia menempatkan Nabi Muhammad SAW., tokoh berkebangsaan Arab sebagai tokoh nomor satu  yang paling berpengaruh di dunia, menyisihkan tokoh-tokoh lainnya yang mungkin satu bangsa, atau satu agama, atau satu kebudayaan, atau mungkin juga satu keturunan.

Banyak alasan yang dikemukakan Hart dalam menempatkan Nabi Muhammad SAW sebagai tokoh paling berpangaruh di dunia. Meski banyak tokoh-tokoh lain yang juga sangat berpengaruh, namun pengaruh Nabi Muhammad SAW menurutnya jauh lebih besar sehingga layak ditempatkan pada posisi paling atas.

Dua diantara alasannya adalah bahwa Nabi Muhammad SAW merupakan satu-satunya tokoh yang mampu memainkan dua peran sekaligus; pemimpin spiritual dan pemimpin politik. Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW dalam dua bidang itu, kata Hart, sukses mengubah peradaban bukan hanya bagi bangsa Arab, tetapi menyebar ke berbagai penjuru dunia. Yang mengagumkan, jika tokoh-tokoh lain lahir dan dibesarkan di lingkungan peradaban yang sudah maju, Nabi Muhammad justru lahir dan dibesarkan di lingkungan masih sangat terbelakang waktu itu. Namun, lingkungan yang primitif itu justru mampu diubah dan menghasilkan peradaban amat tinggi, lebih tinggi dari peradaban yang lebih dulu hadir.

“Muhammad SAW dilahirkan pada 570 di kota Mekah, di sebelah selatan Arabia, yang pada masa itu merupakan sebuah wilayah terbelakang di dunia, jauh dari pusat-pusat perdagangan, seni, dan ilmu pengetahuan,” tulis Hart.

Selain itu, masih menurut Hart, berkembangnya doktrin sebagaimana tercermin dalam ajaran Islam ke berbagai belahan dunia, karena ucapan Nabi Muhammad SAW sebagaimana terabadikan dalam kitab hadis. Selain sebagai penjelas bagi Al-Qur’an yang merupakan wahyu Tuhan, sabda Nabi Muhammad menjadi rujukan bagi umat manusia sepanjang masa. Inilah yang membedakan Muhammad SAW dengan tokoh lain. Yesus misalnya, meski berpengaruh dan memiliki pengikut lebih besar, tapi bukan langsung karena pengaruh Yeses, melainkan peran Santo Paulus dan beberapa muridnya. Perjanjian Baru yang bukan sabda Yesus, turut memperbanyak jumlah pengikut Yesus. Tetapi tidak demikian dengan Muhammad SAW. Manusa berbondong-bondong masuk Islam dan menjadi pengikut Nab Muhammad SAW., karena kepribadian dan sabdanya.

“Pengaruh Muhammad melalui perantaraan Al-Qur’an pada Islam sangat besar. Sangat mungkin pengaruh relatif Muhammad pada Islam lebih besar daripada gabungan pengaruh Yesus dan Santo Paulus terhadap agama Nasrani,” tulisnya lagi.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply