Di Afghanistan Ritual Asyura Dibubarkan

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Penganut Syiah Afghanistan berencana menggelar ritual asyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram. Ritual itu dilakukan dalam rangka merayakan wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW., Husein bin Ali yang gugur dalam tragedi Karbala. Namun ritual sesat tersebut terpaksa harus dihentikan, menyusul serangan yang dilakukan sekelompok orang tak dikenal pada Selasa (11/10) waktu setempat. Akibat serangan ini, sedikitnya 14 orang dinyatakan tewas.

Seorang perwira polisi Kabul mengatakan, penyerang yang mengenakan rompi dan seragam polisi tiba-tiba masuk ke lokasi dan menembaki kerumunan Syiah. Akibat serangan itu, 14 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

“Setidaknya 14 orang tewas termasuk seorang polisi, dan lebih dari 30 terluka,” ungkap sebuah laporan.

“Tapi aparat kepolisian sudah disiagakan untuk meganisipasi serangan susulan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri Afghanistan mengatakan, dua dari sekelompok penyerang itu ditembak dan tewas di tempat. Sementara satu penyerang lainnya berhasil meloloskan diri. Hingga berita ini diturunkan, belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

“Dua orang yang mengenakan rompi bom berhasil ditembak tapi seorang lagi berhasil lolos,” terangnya.

Sebelumnya, serangan serupa pernah terjadi dan menewaskan 84 warga Syiah Afghanistan dan 130 lainnya luka-luka. Dalam serangan tersebut, Daulah Islam atau Islamic State yang juga dikenal dengan ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan yang menargetkan kelompok Syi’ah.

Hingga saat ini Afghanistan masih terjebak dalam perang saudara. Pemerintah Afghanistan yang didukung Amerika Serikat masih berkonsentrasi melumpuhkan kelompok Taliban yang enggan mengakui rezim bentukan Amerika Serikat.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply