Aam Amiruddin: Islam Nusantara Adalah Gagasan Kerdil

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Aam Amiruddin

Aam Amiruddin

persisalamin – Gagasan Islam Nusantara mendapat banyak kritik dari berbagai pihak. Ulama, tokoh masyarakat, pemikir dan intelektual muslim sepakat menolak gagasan tersebut. Aam Amiruddin, intelektual muslim dengan tegas menolak gagasan Islam Nusantara. Dikatakannya, Islam tidak mengenal konsep Nusantara.

“Tidak ada itu Islam Nusantara. Yang ada adalah Islam rahmatan lil ‘alamin,” ujar Aam kepada persisalamin.com Sabtu (27/6).

Menurut Aam, konsep Islam Nusantara adalah pemikiran terbelakang. Sebab, demikian Aam, Islam adalah agama universal. Sementara Islam Nusantara mengecilkan Islam.

“Islam Nusantara adalah gagasan kerdil, gagasan terbelakang.  Mengecilkan Islam hanya untuk Nusantara. Padahal Islam itu sudah rahmatan lil ‘alamin,” katanya.

“Konsep Islam itu bukan Nusantara, tapi rahmatan lil ‘alamin,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan  meminta masyarakat mengamalkan ajaran Islam dengan benar, ajaran yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunah.  Dirinya tidak banyak berkomentar soal gagasan Islam Nusantara. Aher hanya mengimbau umat Islam agar tidak terjebak pada pemikiran-pemikiran yang tidak sejalan dengan Islam.

“Beragama saja dengan benar, ber-Islamlah dengan benar,” jawabnya singkat.

Sebelumnya, Ketua Umum Persis, M. Abdurrahman menegaskan, konsep Islam Nusantara dapat merusak Islam.

“Nanti orang akan beribadah itu berdasarkan pada budaya daerahnya, bukan berdasar pada Qur’an dan Hadis. Kalau sudah begitu nanti orang beribadah itu semaunya. Akan rusak agama ini,” katanya. (IK/8240)

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply