Waspada Kelainan Mata Pada Anak

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Menurut Imsyah Satari, MD dokter spesialis mata sekaligus CEO SMEC Group, kelainan mata pada anak bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti genetik, gangguan mental hingga salah penggunaan obat saat anak dalam kandungan.

“Dan tentunya kelainan mata pada anak ini bisa menghambat perkembangannya. Maka, perlu penanganan yang tepat,” tuturnya, Sabtu (30/7).

Berikut adalah beberapa kelainan mata pada anak yang harus diwaspadai orang tua diantaranya.

Katarak

Katarak bisa terjadi pada anak hingga bayi. Meski begitu, persentasinya sangat kecil dan jarang ditemukan, tetapi orang tua harus tetap mewaspadainya. Pasalnya, kelainan mata ini berbahaya bagi penglihatan anak.

“Gejalanya sama seperti gejala pada orang dewasa ataupun lanjut usia, yaitu adanya cairan keruh atau cairan yang berwarna putih pada bagian tengah lensa mata,” katanya.

Adapun katarak pada anak atau bayi, biasanya disebabkan oleh faktor keturunan dari orang tua, dan bisa juga dari infeksi rubella, taksoplasma, dan cytomegalovirus saat anak dalam kandungan ibunya.

Kelainan Refraktif

Kelainan mata lainnya adalah refraktif. Kelainan mata refraktif ini merupakan kondisi ketidaknormalan bentuk mata yang menyebabkan salah bias dan pandangan menjadi kabur.

“Kelainan ini disebut juga dengan rabun dekat, rabun jauh atau silinder,” jelasnya.

Retinopati

Jenis kelainan mata anak lainnya yaitu retinopti, yang disebabkan oleh pembuluh darah pada retina tidak berfungsi dengan baik. Sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan pada bagian dalam mata.

“Kelainan retinopati ini biasanya terjadi pada kasus anak yang lahir dengan kondisi prematur, jarang terjadi di luar kondisi tersebut,” pungkasnya.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply