Terus Beramal Walaupun Sedikit

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Boleh jadi orang merasa bangga karena melakukan kebaikan yang besar. Dan itu dilakukan dalam waktu-waktu tertentu. Yang demikian tentu tidak keliru, karena masih termasuk kebaikan yang dihargai Allah SWT. Sebab apapun bentuknya kebaikan yang dikerjakan pasti Allah hargai.

Namun harus dipahami pula bahwa yang dihargai bukan hanya kebaikan yang jumlah maupun nilainya besar. Akan tetapi, kebaikan yang terlihat kecil dan sedikit atau sederhana pun pasti akan dihargai dan berpahala. Bahkan, sebagaimana disebutkan Rasulullah SAW., kebaikan yang kecil justru lebih dihargai oleh Allah SWT.

Dalam Kitab Sahih Muslim terdapat sebuah hadis sebagaimana diriwayatkan dari Aisyah radiyallohu anha.berikut.

Rasulullah SAW pernah ditanya oleh seseorang, amal yang bagaimanakah yang paling disukai Allah? Rasulullah menjawab, “amal yang dikerjakan secara rutin walaupun sedikit.”

Berdasarkan hadis tersebut, sesungguhnya amal yang paling dicintai Allah adalah yang dikerjakan secara rutin. Meskipun kebaikan itu sederhana, kecil, atau sedikit, tetapi dikerjakan secara rutin, berkelanjutan, maka itulah amal yang paling dicintai Allah. Terlebih jika yang dikerjakan secara rutin adalah kebaikan yang jumlahnya besar atau banyak, tentu Allah SWT lebih mencintainya lagi.

Oleh karena itu, mengerjakan kebaikan tidak boleh dilihat dari besar dan kecilnya, tetapi dilihat dari kebersinambungannya.

Sedekah hanya 5 ribu rupiah sehari misalnya. Meski seperti kecil, namun jika dikerjakan setiap hari, maka itulah amalan yang sangat dicintai Allah SWT.

Demikian juga membaca Al-Qur’an. Meski hanya satu lembar atau dua halaman, namun jika dikerjakan setiap hari maka itu termasuk amal yang sangat dicintai Allah.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply