Terapkan Sains Sejak Usia Dini

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
SD IT Al Amin Persis Sindangkasih Ciams membuat mobil-mobilan balon pada pembelajaran sains

SD IT Al Amin Persis Sindangkasih Ciamis membuat mobil-mobilan balon pada pembelajaran sains (Radar Tasikmalaya)

persisalamin – Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Amin Persis Sindangkasih Ciamis diajarkan membuat mobil-mobilan balon. Kegiatan itu dilakukan untuk menerapkan pembelajaran sains sejak usia dini.

Kepala SD IT Al Amin Persis Paojiah, SPdi mengatakan penerapan sains pada mobil-mobilan terinspirasi dari teori aksi reaksi  yang diajarkan dibangku SMA. Tetapi dalam penerapannya, pihaknya mengemasnya kembali supaya masuk ke siswa SD.

“Terisnpirasi dengan materi fisika, “ kata dia.

Paojiah mengatakan bahan baku pembuatan mobil-mobilan gampang ditemukan, seperti botol mineral, balon, tutup botol, sedotan, lem besi, stik es krim dan gunting. Cara pembuatannya, botol air mineral dijadikan body mobil, tutup botol untuk ban, balon untuk bahan bakar atau energinya dan sedotan sebagai knalpot serta rangka mobil dari stik es krim. “untuk pembuatan rangka bisa disesuaikan dengan keinginan,” jelas dia.

Dia menjelaskan cara kerja mobil-mobilan itu yakni pertama balon ditiup hingga besar kemudian disimpan diatas bodi mobil. Ketika tutup balonnya dibuka, angin akan keluar melalui sedotan sehingga menarik mobil dan itu yang membuat mobil-mobilan dan itu yang membuat mobil-mobilan berjalan. “Dalam pengoprasian ini terjadi aksi reaksi,” paparnya.

Praktik itu dilakukan untuk mengenalkan pembelajaran sains dan menanamkan pembelajaran karakter  yang baik kepada siswa. “Supaya mereka bisa berinovasi dan kreatif,” ungkapnya.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply