Suami Tak Berikan Nafkah, Istri Boleh Gugat Cerai

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Menafkahi istri adalah salah satu kewajiban pokok bagi suami. Karenanya, memberikan nafkah untuk istri dan keluarga tidak boleh ditinggalkan, kecuali benar-benar tidak mampu karena kondisi yang tidak memungkinkan.

“Saat suami tidak menafkahi baik tidak mampu maupun tidak mau atau tidak bertanggung jawab, maka ada dua pilihan antara bersabar jika memang suami tidak mampu atau menggugat cerai karena suami tidak mampu atau suami tidak mau bertanggung jawab terhadap kewajibannya.,” terang Nur Ihsan Jundullah.

Sehingga tidak ada larangan bagi istri untuk menggugat cerai suami dengan alasan suami tidak mampu secara finansial menafkahi keluarga. Terelbih jika suami sama sekali tidak bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya sebagai suami, maka hak bagi istri untuk mengajukan gugatan cerai.

“Dan perbuatan suami yang tidak menafkahi tersebut termasuk dosa,” katanya

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis riwayat Abu Dawud yaitu;

“Seseorang dikatakan berbuat dosa, ketika dia menyia-nyiakan orang yang wajib dia nafkahi.” (HR. Abu Dawud No.1694)

Lalu, dijelaskan juga dalam hadis riwayat Muslim mengenai kewajiban suami untuk menafkahi istri yaitu;

Bertakwalah kepada Allah dalam menghadapi istri. Kalian menjadikannya sebagai istri dengan amanah Allah, kalian dihalalkan hubungan dengan kalimat Allah. Hak mereka yang menjadi kewajiban kalian, memberi nafkah makanan dan pakaian sesuai ukuran yang sewajarnya.”

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply