Siapa Layak Pimpin Jakarta?

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017 mendatang menjadi sorotan bukan hanya warga Jakarta, akan tetapi masyarakat secara nasional turut memantau proses demokrasi sebagai ajang suksesi kepemimpinan di ibukota itu. Selain sebagai barometer pemilihan presiden, suksesi kepemimpinan di Provinsi DKI Jakarta sangat kuat pengaruhnya bagi kebijakan-kebijakan pemerintahan pusat. Karenanya tak heran, sejumlah petinggi partai dan pemimpin nasional turun tangan melibatkan diri dalam menghadapi Pilgub yang bakal dihelat Februari mendatang.

Hingga pendaftaran balon gubernur dan wakilnya ditutup KPU, sudah ada tiga pasangan yang resmi mendaftar. Calon petahana, Basuki Tjahaja Purnama Alias Ahok berpasangan dengan Djarot Saeful Hidayat resmi diusung empat partai; PDIP, Golkar, Nasdem, dan Hanura. Pasangan kedua yang resmi mendaftar adalah Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana yang diusung poros Cikeas dan digawangi mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pasangan ini muncul setelah tercapai kesepakatan para petinggi Partai Demokrat, PAN, PPP, dan PKB. Sedangkan pasangan ketiga yang mendaftar adalah Anies Baswedan yang diduetkan dengan Sandiaga Uno, diusung Gerindra dan PKS.

Selain pasangan yang diusung poros Cikeas, baik cagub maupun cawagub yang diusung bukanlah orang yang asing terutama bagi warga Jakarta.

Ahok setidaknya sudah lima tahun dikenal warga Jakarta, terutama karena sikapnya yang dinilai arogan terhadap warga Jakarta kalangan menengah ke bawah. Dia juga dikenal karena kepribadiannya yang kurang pandai mengendalikan diri, sehingga ucapannya pun sering tidak terkendali. Kebijakan-kebijakannya yang pro terhadap para pemilik modal dan bertentangan dengan kepentingan rakyat kecil, menyebabkan Ahok dibenci warga Jakarta. Munculnya slogan anti Ahok yang semakin meluas, menunjukkan  Ahok adalah sosok pemimpin yang tak dirindukan rakyatnya. Sejumlah aksi yang dilakukan anti Ahok dan menolak Ahok di berbagai tempat, mempertegas sikap rakyat Jakarta yang enggan menyerahkan Jakarta kepada Ahok.

Calon lainya, Anies Baswedan, juga bukan sosok yang asing.  Sempat menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, menjadikan wajah Anies lumrah di benak warga Jakarta. Terlebih pada Pilpres tahun lalu, Anies kerap muncul di media saat menjadi salah satu tim sukses Jokowi. Terlebih  bagi warga Jakarta, Anies bukanlah orang baru.

Baik Ahok maupun Anies, yang pernah memegang jabatan penting, keduanya belum menunjukkan prestasi. Sebagai wakil gubenur dan sekarang gubernur Jakarta, Ahok tidak pernah menorehkan prestasi yang membuat warga Jakarta bangga. Alih-alih membuat rakyatnya bangga, Ahok justru dinilai sebagai sumber masalah di Jakarta, dan sering menimbulkan gesekan.

Tak jauh beda dengan Ahok, Anies yang pernah pernah menjabat sebagai menteri, belum mampu menunjukkan kapabilitasnya yang baik. Tak ada prestasi Anies yang membanggakan termasuk di bidang pendidikan sebagaimana diharapkan insan pendidikan dan rakyat Indonesia pada umumnya.

Bagaimana dengan Agus Yudhoyono? Putra sulung mantan presiden SBY ini disebut-sebut sebagai kader terbaik di kalangan TNI. Kecerdasannya  yang di atas rata-rata rekan karirnya, menjadikan Agus berhasil menyabet sejumlah prestasi di bidang militer. Terakhir, dia tengah dipercaya memimpin latihan bersama dengan militer Australia. Tak heran jika sejumlah pihak menyayangkan keputusan Agus meninggalkan dunia militer dan terjun ke dunia politik. Hal itu tiada lain, karena Agus dinilai memiliki masa depan yang cemerlang, terutama di dunia militer.

Jika di dunia militer Agus kian moncer, bagaimana halnya di dunia politik? Layakkah Agus memimpin Jakata? Kedisiplinannya yang tinggi, kecerdasannya yang tebukti, dan dedikasinya yang kuat, konon menjadi alasan poros Cikeas mengusung Agus untuk dicalonkan sebagai gubenur Jakarta pada Pilgub mendatang. Terlebih Agus dipasangkan dengan birokrat senior, Sylviana, diyakini bakal menjadi duet kepemimpinan yang mumpuni dan mampu memberikan harapan-harapan yang diinginkan rakyat Jakarta. Benarkah demikian?

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply