Selamatkan Hidupmu dengan Jujur

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Karakter Islam berikutnya adalah jujur. Jujur artinya benar. Maksudnya adalah sesuainya antara apa yang dikatakan dengan apa yang ada dalam hati, sesuainya antara perbuatan dengan ucapan. Dengan bahasa yang sederhana, jujur berarti apa adanya. Tidak mereka-reka, tidak mengada-ada, tidak menambah juga tidak mengurangi.

Allah sangat mencintai orang-orang yang jujur, sebagaimana Dia membenci orang-orang yang dusta. Orang-orang yang jujur akan memperoleh tempat mulia di sisi Allah. Sedangkan para pendusta akan mendapat murka-Nya.

Rasulullah bersabda seperti terdapat dalam hadis berikut:

عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ، فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إلَى الْبِرِّ، وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إلَى الْجَنَّةِ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا، وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ، فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إلَى الْفُجُورِ، وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إلَى النَّارِ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا

Dari Ibnu Mas’ud ra. berkata, Rasulullah SAW bersabda, hendaklah kalian hidup jujur, karena kejujuran membawa pada kebaikan. Sedangkan kebaikan itu membawa pada surga. Seseorang yang membiasakan hidup jujur dicatat oleh Allah sebagai orang jujur. Waspadalah kalian terhadap dusta, karena dusta itu membawa pada kejahatan. Sedangkan kejahatan itu membawa pada neraka. Seseorang yang terbiasa dengan dusta dicatat oleh Allah sebagai seorang pendusta. (HR. Bukhari)

Hadis di atas memberikan beberapa informasi penting sebagai berikut:

  1. Nabi SAW mengingatkan umatnya agar selalu berkata dan bersikap jujur.
  2. Kejujuran adalah kunci memperoleh kebaikan.
  3. Kebaikan merupakan tiket masuk surga.
  4. Allah sangat mencintai orang-orang yang jujur.
  5. Nabi SAW mewanti-wanti umatnya agar mewaspadai dan meninggalkan dusta.
  6. Dusta adalah penyebab seseorang terjerumus pada kejahatan.
  7. Kejahatan merupakan penyebab seseorang masuk neraka.
  8. Allah sangat murka kepada para pendusta.

Jujur dan dusta adalah dua kata yang sangat berbeda, dua sikap yang berbeda, dua karakter yang berbeda, dan keduanya memiliki dampak yang sangat berbeda pula. Kejujuran dipastikan berbuah keselamatan dan kesuksesan. Sedangkan dusta akan mengantarkan seseorang pada kerugian dan kehancuran. Tidak seorang pun pendusta yang hidupnya mulia dan bahagia. Tetapi orang-orang yang jujur selalu dalam kemuliaan dan kemenangan.

Betapa banyak masalah yang timbul dalam kehidupan akibat ketidakjujuran. Bahkan hampir dapat dikatakan bahwa sumber segala masalah dalam hidup ini adalah ketidakjujuran. Perceraian pasangan suami istri yang berawal dari perselingkuhan dipastikan berawal dari ketidakjujuran, yang dilakukan suami atau sebaliknya.

Perusahaan besar bisa bangkrut lalu hancur juga dipastikan berawal dari ketidakjujuran. Mungkin penyebabnya dusta yang dilakukan direktur, atau manager, atau sekretaris, atau karyawan lainnya. Dusta yang dilakukan salah satu atau beberapa orang dalam perusahaan menjadi penyebab hancurnya perusahaan itu.

Sebuah bangsa yang besar juga bisa bangkrut lalu hancur karena ketidakjujuran. Entah itu ketidakjujuran yang dilakukan para pemimpinnya, atau wakil rakyat, atau mungkin rakyat itu sendiri yang berdusta. Betapa banyak negara yang ekonominya porak poranda karena ketidakjujuran. Indonesia termasuk negara yang sempat mengalami kebangkrutan itu. Penyebabnya pun bukan yang lain, yaitu ketidakjujuran. Ketidakjujuran yang dilakukan para pemimpin negeri itulah yang menyebabkan Indonesia hancur, hingga merugikan ratusan juta orang, dan butuh waktu puluhan tahun untuk bangkit kembali.

Kejujuran sangat menentukan nasib seseorang, dan memengaruhi nasib banyak orang. Karenanya berhasil atau gagal, selamat atau celaka, sukses atau hancur, bergantung pada jujur atau tidak jujur. Dari sini dapat dimengerti peringatan Rasulullah yang memerintahkan orang-orang mukmin agar senantiasa jujur dalam hal apapun. Sebaliknya Rasulullah mengingatkan agar orang mukmin menghindari dusta. Ternyata dampaknya yang sangat serius, yaitu bisa menyebabkan keberhasilan atau kehancuran.

Nabi Muhammad adalah orang yang paling jujur, sehingga orang-orang menyebutnya Al-Amin, yang artinya dapat dipercaya karena kejujurannya itu. Tidak ada seorang pun yang tidak mengakui kejujuran beliau, orang-orang yang memusuhinya sekalipun. Kejujuran Nabi Muhammad itu mengantarkannya menjadi orang yang diangkat sebagai utusan Allah. Kejujurannya pula mengantarkan beliau dipercaya sebagai pengambil kebijakan masyarakat Arab waktu itu. Kejujuran beliau menyebabkan seorang konglomerat nan dermawan terpikat dan meminta beliau menjadi suami bagi dirinya.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply