Saum Tasu’a Asyura, Bolehkah Hanya Sehari?

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
pakar fikih, A. Zakaria

pakar fikih, A. Zakaria

persisalamin – Saum tasu’a asyura adalah nama yang digunakan untuk ibadah saum dilaksanakan pada bulan Muharram, tepatnya tanggal  9 dan 10. Keistimewaan saum ini dapat menghapus dosa selama dua tahun; satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang. Karena itulah orang-orang beriman yang mencintai Rasulullah SAW berlomba-lomba untuk mengerjakan ibadah saum ini.

Akan tetapi, terkadang ada kendala bagi orang-orang tertentu untuk dapat mengerjakan saum ini selama dua hari berturut-turut. Ada diantaranya yang dapat mengerjakan saum ini hanya sehari saja, tidak seperti yang lain selama dua hari. Lantas, bolehkah mengerjalan saum pada Muharam tersebut hanya selama sehari?

“Boleh saja, hanya memang yang dianjurkan itu dua hari,” ujar pakar fikih, A. Zakaria saat berdiskusi dengan persisalamin.com, Senin (11/10).

Dia melanjutkan, dalam praktiknya saum yang dikerjakan Rasulullah pun hanya satu hari, yaitu pada tanggal 10 Muharram. Akan tetapi Rasulullah SAW sudah bertekad bahwa pada tahun berikutnya beliau akan melaksanakan saum tanggal 9 dan 10 Muharram, meski hal itu tidak terlaksanak karena beliau SAW lebih dulu wafat.

“Rasulullah sudah merencanakan saumnya itu dua hari dari tanggal 9. Tetapi memang tidak sempat karena keburu meninggal,” katanya.

“Kita umatnya mengerjakan apa yang sudah direncanakan itu, saum dua hari. Tapi kalau tidak bisa, ya tidak apa-apa, boleh saja hanya sehari,” imbuhnya.

Meski demikian, A. Zakaria mengingatkan bahwa kalau hanya mampu sehari, dipastikan saumnya tersebut pada tanggal 10 Muharram. Sebab itulah yang sudah dilaksanakan oleh Rasulullah SAW.

“Harus yang asyura, yang tanggal 10 itu. Kan itu yang sudah dilaksanakan Rasulullah,” katanya.

Dia juga mengajak umat Islam untuk sama-sama mengerjakan amalan-amalan sunah, termasuk saum tasu’a asyura. Mengerjaan keduanya merupakan bagian dari kecintaan kepada Nabi SAW.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply