Santri Rancang Kompor Charger HP

1
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Santri Madrasah Aliyah Sindangkasih

Santri Madrasah Aliyah Sindangkasih

Ciamis – Santri madrasah Aliyah Sindangkasih Ciamis berhasil merancang dan mengembangkan pengonversi energi panas  menjadi energi listrik yang dinamai kompor charger handphone (HP).

Ketua tim perancang dan pengembangan kompor charger HP Sabila mengatakan dalam perancangan dan pengembangan kompor charger handphone ini melibatkan enam santri dari kelas X IPA. “Ide perancangan dan pengembangan ini dari mata pelajaran fisika tentang materi energi yang kekal yaitu energi tidak dapat dimusnahkan dan diciptakan namun hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain.” Ungkap dia.

Menurutnya, pembuatan kompor charger cukup mudah dan sederhana. Bahan yang digunakan pun banyak dijumpai dikehidupan sehari-hari, seperti kaleng bekas cat. Kaleng itu dibentuk sesuai dengan kemauan dan diberi lempengan thermocouple (lempengan yang terdiri atas dua logam berbeda masa jenis yang disatukan).

Cara kerjanya, kata dia, ketika lempengan tersebut dipanaskan yang sumber panasnya dari api maka energi panas akan diubah menjadi energi listrik. “perubahan energi panas menjadi energi listrik yang berfungsi untuk menyalakan alat elektronik dan mengisi batrai.” Papar dia.

Sabila berharap alat itu bisa menjadi solusi dan alternatif apabila terjadi krisis energi dan salah satu bentuk pemanfaatan energi untuk teknologi tepat guna.

Kepala madrasah Aliyah Parid Wajdi S.Ag mengaku bangga dengan keberhasilan siswanya dalam percobaan. “kedepannya saya berharap kepada tim bisa menindaklanjuti penelitian ini supaya bermanfaat. Selain itu dapat disempurnakan agar bisa diproduksi secara masal,” ujarnya. (ujg)

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

1 Comment

Leave A Reply