Sampah Jadi Media Tanam

1
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
DAUR ULANG. Silmi azizah bersama Sindi Annisa siswi MA Al-Amin Persis Sindangkasih menunjukan pot yang terbuat dari bekas botol air mineral (24/4)

DAUR ULANG. Silmi azizah bersama Sindi Annisa siswi MA Al-Amin Persis Sindangkasih menunjukan pot yang terbuat dari bekas botol air mineral (24/4)

persisalamin(CIAMIS) MA Al-Amin Persis Sindangkasih memanfaatkan sampah menjadi media bercocok tanam. Botol bekas air mineral yang biasanya dibuang, kini menjadi pot gantung.

Silmi Azizah, siswi MA Al-Amin Persis Sindangkasih kelas 10A mengatakan, pembuatan media tanam ini terinspirasi dari mata pelajaran Bilologi bab perkembangbiakan.

Dia juga mengungkapkan tentang bahan yang digunakan dalam pembuatan media tanam ini yaitu bahan bekas botol air mineral, arang, sekam, pupuk kandang dan pupuk M4. “Cara pembuatan media tanamnya cukup mudah dan bisa kita dapatkan dengan mudah,” ungkapnya.

Lanjut dia untuk pembuatan wadahnya, botol bekas air mineral tersebut dibentuk dengan cara menggunting di bagian tengah. Antar bagian disatukan dengan benang. “Arang, sekam, pupuk kandang dan M4 yang sudah dicampur lalu dimasukan kedalam pot botol tersebut, “ jelas Silmi

Silmi memaparkan, tanaman yang ditanam di antaranya kangkung, bayam, stroberi dan tanaman sosin. “Untuk perawatannya cukup mudah hanya disiram sebanyak dua kali yaitu pagi dam sore,” papar dia.

Tujuan pemanfaatan sampah menjadi media tanam itu yakni untuk penghijauan lingkungan sekolah. Selain itu siswa pun belajar bercocok tanam di lahan yang sempit. “Sekaligus menerapkan cinta lingkungan,” jelas Silmi.

Ia berharap, kedepannya pemanfaatan sampah sebagai media tanam ini bisa berkembang supaya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

1 Comment

Leave A Reply