Saf Makmum dalam Salat

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Menurut A. Zakaria, yang menjadi patokan saf makmum yang benar dalam salat adalah meluruskan kaki antara makmum yang satu dengan makmum lainnya.

“Patokannya adalah kaki bukan jemari kaki yang menjadi patokan saf benar atau lurus dalam salat itu,” tuturnya, Jumat (19/8).

Lebih lanjut dia menjelaskan, saat salat berjamaah agar saf lurus kaki harus menempel erat antara kaki makmum dengan makmum lainnya sampai tidak ada celah yang masuk. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Hadist Riwayat Bukhari yaitu;

Luruskan shaf kalian dan hendaknya kalian saling menempel, karena aku melihat kalian dari balik punggungku.”

Lalu dijelaskan juga dalam hadis riwayat Abu Daud yaitu;

Luruskanlah shaf, rapatkanlah bahu-bahu, dan tutuplah celah. Namun berlemah-lembutlah terhadap tangan-tangan saudara kalian. Dan jangan biarkan ada celah diantara shaf untuk diisi setan-setan. Barangsiapa menyambung shaf niscaya Allah akan menyambungnya, dan barangsiapa memutuskan shaf niscaya Allah akan memutusnya.”

“Jadi jelas bahwa patokan saf benar dalam salat itu merapatkan antara kaki dengan kaki makmum lainnya, sehingga tidak ada celah sedikit pun,” katanya.

Dalam penjelasan hadis tersebut merapatkan saf saat salat merupakan salah-satu keutamaan dalam praktik salat. Maka, sepatutnya dalam mempraktikkan salat memperhatikan juga saf salat. Sebagaimana diterangkan dalam hadis riwayat Muslim yaitu;

“Dari Abu Mas’ud al Badri, ia berkata: Dahulu Rasulullah SAW biasa mengusap bahu-bahu kami, ketika akan memulai salat, seraya beliau bersabda: “Luruskan shafmu dan janganlah kamu berantakan dalam shaf; sehingga hal itu membuat hati kamu juga akan saling berselisih.”

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply