Pilih Pasang Ring atau Bypass Jantung?

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Menurut Spesialis Bedah Thorax dan Kardiovaskular dari Rumah Sakit Bunda Jakarta, dr Hariadi Hadibrata SpBKTV, penanganan pasien penderita sakit jantung bisa memilih pasang ring atau stent atau pilih operasi bypass jantung.

“Namun tergantung dengan kondisi khusus pasien, faktor usia dan melihat risiko komplikasi bagi pasien penderita sakit jantung yang berbeda satu sama lain,” tuturnya, Rabu (27/7).

“Keduanya dinilai cara yang paling efektif dan efisien, tetapi kembali lagi kepada tergantung kondisi khusus pasiennya,” imbuhnya.

Selain itu, dua tindakan tersebut bukan saling menggantikan tetapi ada beberapa kriterianya dalam melakukan operasi tersebut. Seperti jika pasien hanya mengalami penyumbatan kecil pada pembuluh darah sekitar 70% saja maka tindakan pemasangan ring dinilai cukup.

“Sehingga tidak perlu operasi bypass jantung karena risiko tinggi dan butuh biaya besar,” jelasnya.

Namun jika kasus pasien misalkan tiga pembuluh darahnya atau penyumbatannya sangat parah dan panjang, maka tindakan yang paling efektif adalah operasi bypass jantung.

“Jadi pada intinya dokter akan selalu mencari solusi yang tepat untuk setiap kasus dan pasien serta keluhan pasien penderita sakit jantung. Sehingga tidak semua bisa ambil tindakan pasang ring atau operasi bypass jantung,” bebernya.

“Namun, hal tersebut kembali lagi ke gaya hidup termasuk pola makan pasca tindakan operasi bypass jantung atau pemasangan ring. Apakah baik atau tidak,” tutupnya. (FR/2408)

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply