Pastikan Bayi Anda Mendapat ASI

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Siapa bilang menyusui anak dengan ASI itu sulit dan ribet? Justru menyusui anak dengan ASI lebih sehat, kaya akan manfaat, mudah dan murah dibandingkan dengan susu formula yang jelas mahal, tidak mudah dan belum tentu menyehatkan. Untuk itu, sebaiknya ibu pilih memberikan ASI untuk si kecil, karena lebih sehat dan sudah menjadi hak anak untuk mendapatkan ASI dari ibu.

Lalu bagaimana cara menyusui yang baik, agar si kecil menyusu dengan nyaman dan aman? Menurut Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), Mia Susanto, cara menyusui yang baik banyak sekali caranya. Namun, ada beberapa hal yang penting harus dilakukan ibu antara lain seperti berikut..

Mengedukasi Menjadi Awal yang Baik

Hal yang pertama harus dilakukan adalah mengedukasi diri atau mencari informasi mengenai ASI dari fungsi hingga manfaatnya saat hamil, terutama dilakukan sebelum Anda hamil. Hal ini penting dilakukan, supaya Anda lebih mengetahui fungsi dan manfaat ASI bagi si kecil.

“Sehingga, Anda bertekad akan menyusui anak dengan ASI apapun kondisinya,” tuturnya, Jumat (5/8).

Belanja Rumah Sakit Hingga Tenaga Kesehatan

Selain itu, hal yang harus dilakukan adalah belanja. Maksudnya bukan untuk perlengkapan bayi, namun mulai mencari informasi rumah sakit atau tenaga kesehatan mana yang lebih pro terhadap menyusui ASI dibandingkan dengan susu formula.

“Atau dengan kata lain, mulailah mencari rumah sakityang statusnya yang sayang ibu yang biasanya sudah melakukan 10 langkah menuju keberhasilan menyusui yaitu dengan menginisiasi ASI saat bayi baru lahir,” katanya.

Kenapa harus memilih rumah sakit yang pro ASI? tanya Mia Susanto. Sebab, lanjut dia, menyusui biasanya diawali di rumah sakit saat bayi baru lahir, dan jika rumah sakit yang pro ASI maka biasanya bayi akan langsung diinisiasikan ASI kepada ibunya, bukan langsung diberikan susu formula seperti kebanyakan yang dipraktikkan di rumah sakit di Indonesia.

“Untuk itu mulailah memilih dan memutuskan rumah sakit mana yang lebih pro ASI dengan melakukan inisiasi menyusui ASI saat bayi baru lahir,” jelasnya.

Siapkan Mental

Hal lain yang perlu dilakukan adalah persiapkan mental Anda dengan baik salah-satunya percaya bahwa Anda bisa memenuhi ASI untuk bayi Anda, dan percaya ASI yang Anda punya akan terus keluar apapun kondisinya.

“Tips ini biasanya yang paling sulit, karena erat kaitannya dengan kondisi psikologis ibu terutama dengan masifnya doktrin bahwa tak mengapa bayi diberikan susu formula,” terangnya.

Sehingga ibu dengan mudahnya memberikan susu formula dibandingkan dengan ASI karena alasan kekhawatiran seperti ASI tidak cukup, ASI tidak bisa keluar hingga kondisi stress ibu. Padahal secara naluriah semua ibu pasti akan memproduksi ASI, yang menjadikan ASI tidak keluar hanyalah faktor psikologis ibu yang terpengaruhi oleh dokrin susu ASI bisa digantikan dengan susu formula.

“Ini yang mengakibatkan sulit, karena kita dimudahkan dengan akses susu formula ditambah masifnya doktrin soal susu formula tidak apa-apa dikonsumsi bayi,” keluhnya.

Pasalnya kasus ibu yang susah memproduksi ASI itu hanya 1 berbanding 1000. Biasanya yang kesulitan memproduksi ASI hanya ibu yang memiliki kelainan pada kelenjar susunya. Selebihnya hanya karena faktor psikologis saja.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply