Nabi Do’akan Keburukan Bagi Penguasa Zalim

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

Menjadi penguasa bukanlah persoalan sederhana. Terlebih bagi sebuah negara dan bangsa yang besar seperti Indonesia, menjadi penguasa memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Selain harus dipertanggungjawabkan di hadapan Allah juga di hadapan rakyat, penguasa akan mendapati sendiri apa yang dilakukannya terhadap rakyat.

Rasulullah SAW termasuk yang memiliki perhatian besar terhadap kekuasaan. Beliaupun sering mengingatkan para penguasa agar menjadikan kekuasaannya sebagai jalan kemasalahatan bagi dirinya da bagi umatnya. Tak hanya itu, beliau juga mengingatkan para penguasa agar menjalankan kepemimpinannya secara adil dan tidak berbuat zalim.

“Rasulullah memberikan do’a keburukan bagi pemimpin yang melukai rakyatnya, pemimpin yang menzalimi umatnya,” ujar Zaenudin saat menjadi narasumber di acara Makna dan Peristiwa di salah satu tv swasta, Rabu (4/1).

Dia menjelaskan, dalam konteks Indonesia, pemerintah Indonesia termasuk penguasa yang berlaku tidak adil dan secara jelas melukai rakyat Indonesia. Serbuan tenaga kerja asing asal China, kata dia, termasuk bentuk kezaliman pemerintah. Kebijakan Presiden Jokowi yang membuka lebar pintu bagi para pekerja asing, telah melukai rakyat Indonesia.

“Ada kebijakan pemerintah yang lebih mementingkan warga asing. Padahal di dalam negeri sendiri rakyat kesulitan mencari kerja, kesulitan mencari nafkah,” tuturnya menyoal serbuan tenaga kerja asing asal China.

Dia juga mengingatkan pemerintah agar benar-benar memahami bahwa kekuasaan yang pernah diembannya akan dibertanggungjawabkan.

“Seorang penguasa yang diberi amanah untuk memegang urusan rakyat harus takut kepada Allah. Kalau kebijakannya melukai rakyat yang dipimpinnya, maka suatu saat akan kembali kepada penguasa itu sendiri,” kata dia.

Masih kata Zaenudin, Rasulullah SAW mendo’akan para penguasa yang menzalimi rakyatnya dengan do’a agar Allah menimpakan keburukan bagi penguasa itu.

“Ya Allah, siapa saja yang Engkau beri kekuasaan terhadap umatku walaupun kecil, lalu ia membuat kebijakan yang menyusahkan umatku, maka sakitilah dia,” ujarnya mengutip hadis Nabi.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply