Masih Sulit Bangun Malam? Coba Kiat Ini

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Bangun di malam hari kemudian melaksananakan salat malam yang kemudian dikenal dengan salat tahajjud atau witir, adalah amalan yang sangat mulia. Selain pahalanya yang besar, secara ilmiah amalan tersebut dapat meningkatkan kesehatan yang luar biasa, baik bagi organ dalam maupun luar. Tak heran bila Allah SWT menekankan agar orang beriman bangun di waktu malam dan melaksanakan salat. Pun demikian Rasulullah SAW terus melaksanakn salat malam secara rutin setiap malam.

Bagi umatnya, melaksanakan salat malam adalah bagian dari sunah yang sangat dianjurkan. Banyak orang yang dapat menunaikannya, meski tak sedikit pula yang tak mampu mengerjakannya. Tentu akan banyak alasan orang yang tak dapat mengerjakan salat malam. Capek, mengantuk, malas, dingin, tidak biasa, dan lain sebagainya menjadi jurus ampuh untuk beralasan tidak mengerjakan salat malam.

Sejumlah alasan itulah yang menyebabkan orang sulit untuk bangun malam, apalagi mengerjakan salat malam. Dengan demikian, alasan utama seseorang tidak dapat mengerjakan salat malam adalah masih sulit untuk bangun di waktu malam. Jika Anda termasuk yang sulit bangun malam, beberapa kiat berikut dapat dipertimbangkan sehingga diharapkan Anda dapat bangun malam dan salat tahajjud.

Dikutip dari buku Mukjizat Salat Malam, ada beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk mensiasati agar seseorang dapat bangun malam lalu salat tahajjud. Beberapa kiat tersebut adalah sebagaimana diuraikan sebagai berikut.

Menghindari kemaksiatan

Kemaksiatan adalah salah satu penghalang seseorang dari amalan saleh. Dalam salah satu kesempatan, sahabat Nabi yang bernama Abdullah bin Mas’ud ditanya oleh seseorang. “Wahai Ibnu Mas’ud, megapa kami sulit bangun malam?” Dia menjawab, Dosa-dosa kalian telah membuat kalian jauh dari Allah.”

Menghindari kemewahan

Bermewahan termasuk sikap yang diingatkan oleh Rasulullah SAW. Dalam salah satu kesempatan Rasulullah SAW berpesan kepada Muaz bin Jabal, ‘Waspadalah kalian dari kemewahan, karena hamba Allah bukanlah orang-orang yang mencari kemewahan.”

Suatu kali, Hafsah, istri Rasulullah SAW menyiapkan tempat tidur Rasulullah senyaman mungkin. Akan tetapi, kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Tidak perlu melakukan hal itu karena itu akan mencegahku dari salat malam.”

Mengurangi makan

Makan memang menjadi salah satu kebutuhan hidup. Akan tetapi hal itu harus dibatasi agar tidak menghalangi aktivitas termasuk untuk salat. Suatu kali Luqman berkata kepada puteranya, “Hai anakku, jika kamu memenuhi perutmu, daya pikirmu menjadi tumpul, dan organ-organ tubuhmu menjadi lemas, sehingga kamu tidak sanggup mengerjakan salat.

Berdo’a sebelum tidur

Salah satu adab sebelm tidur adalah berdo’a, memohon perlindungan Allah SWT. agar Dia memelihara selama tidur. Selain itu, dengan do’a meski matam terpejam dan tertidur tetapi hati tetap terjaga. Hal ini akan memudahkan seseorang untuk dapat bangun pada malam hari lalu mengerjakan salat malam.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply