Makananmu Tentukan Do’amu

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Banyak orang menganggap remeh soal makanan, sehingga tidak peduli apakah makanan yang dikonsumsinya halal atau haram. Apakah makanan itu diperoleh secara benar atau melanggar aturan. Sebagai kebutuhan, makanan memang menjadi obyek yang terus dicari oleh manusia, guna memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dalam Islam, makanan adalah salah satu anugerah dari Allah SWT yang bukan hanya untuk dinikmati. Akan tetapi, harus diperhatikan sejumlah aturan dalam menikmati makanan tersebut. Sebab, hanya makanan yang jelas kehalalannya yag boleh dimakan. Sedangkan makanan yang tidak jelas kehalalannya apalagi jelas haramnya, tidak boleh dikonsumsi dengan alasan apapun.

Dalambanyak hadis Rasulullah SAW mengingatkan orang-orang beriman agar berhati-hati dalam masalah makanan. Beliau membatasi hanya makanan yang halal saja yang dikonsumsi. Sedangkan yang haram dan yang syubhat sekalipun, kata beliau, tidak boleh dinikmati meski itu adalah kebutuhan.

Dalam salah satu riwayta disebutkan bahwa Rasulullah SAW menegaskan bahwa Allah SWT telah menjelaskan mana yang halal dan mana yang haram. Demikian pula makanana atau minuman yang masih diragukan kehalalannya. Beliau berpesan agar yang masih diragukan itu untuk ditinggalkan.

“Yang halal telah jelas. Yang haram juga telah jelas. Adapun diantara halal dan haram adalah syubhat. Maka tinggalkanlah yang syubhat. Barangsiapa mengambil yang syubhat, maka ia terjerumus kepada yang haram,”

Makanan yang haram akan sangat berpengaruh terhadap hubungan seseorang dengan Allah SWT. Rasulullah SAW menjelaskan, bahwa Allah hanya menerima yang baik-baik saja dari hamba-Nya dalam hal apapun. Dalam sebuah hadis yang diriawayatkan Imam Muslim, Rasulullah SAW bersbada:

“Sesungguhnya Allah SWT itu Mahabaik, dan tidak menerima kecuali yang baik. Dan sesungguhnya Allah SWT memerintahkan orang beriman sebagaimana Dia memerintahkan kepada rasul-Nya. Allah berfirman; Wahai para rasul, makanlah yang baik-baik dan beramal salehlah. Dan Allah berfirman; Wahai orang-orang beriman, makanlah yang baik-baik dari apa yang Kami anugerahkan kepada kalian. Kemudian beliau menyebutkan ada seseorang melakukan perjalanan jauh dalam keadaan kumal dan lusuh. Ia memanjatkan kedua tangannya ke langit seraya berdo’a, ya rabbku ya rabbku. Padahal makanannya haram, minumannya haram, dan kebutuhannya dipenuhi dengan sesuatu yang haram. Maka bagaimana mungkin doanya akan  dikabulkan?”

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply