Kullu Ma’rufin Sodakotun

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Islam adalah satu-satunya agama yang paling gigih mendorong manusia untuk berbuat kebaikan, menebar manfaat bagi orang lain, dan menyayangi sesama makhluk Allah yang diamanahi untuk hidup di bumi. Karenanya, dalam sumber ajaran Islam baik Al-Quran maupun hadis, banyak teks-teks yang isinya menyuruh pada kebaikan, sebagian yang lain menyebutkan ganjaran yang bakal diterima, sebagian yang lain menyebutkan ancamannya jika kebaikan itu tidak dilakukan.

Salah satu teks dimaksud adalah saba Rasulullah SAW yang menjelaskan bahwa sedekah tidak terbatas hanya memberikan harta kepada orang tertentu. sedekah, kata Nabi, adalah setiap perbuatan yang mengandung kebaikan baik untuk dirinya maupun untuk orang lain. Beliau SAW bersabda;

كُلُّ مَعْرُوْفِ صَدَقَةٌ

Setiap kebaikan adalah sedekah

Dengan bahasa yang sangat simpel ini, Rasulullah SAW hendak mendorong umatnya agar tidak berhenti untuk berbuat kebaikan. Orang yang mampu dari sisi ekonomi dapat mengerjakan kebaikan dengan banyak sedekah, orang yang berilmu dapat memperbanyak kebaikan dengan mengajarkan ilmu, demikian seterusnya.

Sedekah termasuk salah satu amalan yang sangat diperintahkan kepada orang-orang beriman. Keutamaannya pun sebagaimana disebutkan Nabi SAW sangat besar dan dapat mengantarkan seseorang ke dalam surga. Karenanya, orang-orang beriman berlomba-lomba bersedekah, memberikan hartanya sebanyak-banyaknya demi meraih janji Allah SWT.

Sayangnya, tidak semua orang dapat mengerjakan sedekah dengan cara yang sama yaitu memberikan harta kepada orang lain. Yang menjadi sebab adalah keterbatasan atau tepatnya ketiadaan harta yang dimilikinya. Jangankan harta untuk disedekahkan kepada orang lain, untuk dirinya saja memenuhi kebutuhan hidup masih sangat kurang. Sehingga keinginan untuk bersedekah dengan cara itu amat sulit.

Akan tetapi Islam adalah agama yang adil. Meski tidak dapat berbagi harta seperti yang lain, tidak berarti tak dapat bersedekah dan meraih pahalanya. Sebagaimana diebutkan dalam hadis di atas, sdekah tak terbatas hanya dengan memberikan harta. Tetapi, setiap kebaikan asal dilakukan dengan ikhlas, maka kebaikan itu termasuk sedekah, dan karenanya berhak mendapat pahalanya.

Jika demikian, maka membuang sampah pada tempatnya termasuk sedekah, menyikat gigi agar tidak bau mulut juga sedekah, tidak merokok di tempat umum juga sedekah, membangunkan orang lain di pagi hari juga sedekah, menunjukkan jalan kepada pengguna jalan juga sedekah, menyapu di Masjid juga sedekah, dan masih banyak lagi kebaikan lainnya yang dapat dilakukan semua orang agar dapat bersedekah.

Tak hanya jenisnya, ukuran atau jumlah kebaikan pun akan dihargai oleh Allah SWT. Tak hanya yang besar, namun yang kecil sekalipun, jika seseorang melakukan kebaikan dengan ikhlas, maka kebaikan itu termasuk sedekah yang bakal berbuah pahala. Karenanya, berbuat kebaikan dalam bentuk apapun, sekecil apapun harus terus dijaga dan dilakukan.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply