Kemukjizatan Al-Qur’an

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Kabid Tarbiyah PP. Persis, Irfan Syafrudin menjelasknan, Al-Qur’an merupakan mukjizat karena diturunkan Allah SWT sebagai wahyu-Nya yang diperuntukkan bagi umat manusia melalui Nabi Muhammad SAW sebagai utusan-Nya, dan bukan ciptaan Nabi Muhammad SAW.

“Al’Qur’an dapat dijangkau oleh setiap orang yang menggunakan akalnya di mana dan kapanpun,” tuturnya saat memberikan ceramah pada JIHAD di Masjid PP. Persis, Bandung, Ahad (21/8).

Dia menerangkan, mukjizat terambil dari bahasa arab yaitu a’jaza yang artinya melemahkan atau menjadikan tidak mampu. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, mukjizat diartikan sebagai kejadian ajaib yang sukar dijangkau oleh kemampuan akal manusia.

“Sedangkan definisi mukjizat menurut ulama adalah suatu hal atau peristiwa luar biasa yang terjadi melalui seorang yang mengaku nabi, sebagai bukti kenabiannya yang ditantangkan kepada yang ragu untuk melakukan atau mendatangkan hal serupa. Namun, mereka tidak mampu melayani tantangan itu,” bebernya.

Dari aspek tujuan dan fungsi, mukjizat berfungsi memperkuat keimanan serta menambah keyakinannya atas kekuasaan Allah SWT. Sedangkan dari aspek jenisnya, mukjizat ada yang inderawi, material, dan tidak pada keduanya. Mukjizat ini diberikan kepada para nabi sebelum Nabi Muhammad SAW yang cenderung lebih banyak inderawi dan material.

“Allah SWT memberikan mukjizat kepada Nabi Muhammad SAW berupa Al-Qur’an yang sifatnya tidak inderawi maupun material sebagai wahyu Allah SWT,” jelasnya.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply