Keinginan Terlalu Banyak, Mana yang Harus Anda Penuhi?

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Keinginan Terlalu Banyak, Mana yang Harus Anda Penuhi?

Ilustrasi

 

persisalamin – Manusia memiliki kebutuhan dan keinginan terhadap sesuatu yang dianggap menunjang kehidupan. Sebagai contoh, bayi membutuhkan ASI, pelajar membutuhkan alat tulis. Secara umum, manusia membutuhkan pakaian, makanan, juga tempat tinggal. Namun disamping kebutuhan tersebut, ada juga keinginan terhadap sesuatu yang bersifat penunjang. Dalam ilmu ekonomi konvensional, kebutuhan tersebut dikenal dengan kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Apabila ketiga kebutuhan itu terpenuhi, maka manusia mencapai kepuasan (utilitas) meski dengan tingkat bebeda.

Teori Ekonomi Islam menyebutkan bahwa nilai tertinggi dalam ekonomi adalah falah atau kebahagiaan dunia dan akhirat. Al-Ghazali menyebutnya mashlahah atau kesejahteraan. Sehingga dikenal tiga prinsip kebutuhan yaitu hajat dhoruriyah, hajat haajiyah, dan hajat tahsiniyah.

Hajat dhoruriyyah adalah sesuatu yang wajib dipenuhi untuk kemashlahatan. Hajat dhoruriyyah ini adalah maqashid asy-syari’ah. Yaitu hifdzuddin (menjaga agama), hifdzunnafs (menjaga jiwa), hifdzul’aql (menjaga akal), hifdzulmaal (menjaga harta), dan hifdzunnasl (menjaga keturunan). Karenanya, menjaga lima hal tersebut menjadi wajib bagi setiap manusia.

Hajat haajiyah adalah sesuatu yang diperlukan manusia dengan maksud memudahkan, meringankan, atau membuat nyaman dalam menjalani kehidupan untuk mencapai tujuan hidup.

Hajat tahsiniyyah adalah sesuatu yang diperlukan oleh norma atau tatanan hidup serta berperilaku. Hal yang bersifat tahsiniyah (baik) berpangkal dari tradisi yang baik dan segala tujuan peri kehidupan manusia menurut jalan yang paling baik.

Jika keinginan Anda terhitung banyak, silahkan ukur, mana yang perlu diutamakan untuk dipenuhi. Hanya saja harus diperhatikan antara kebutuhan dhoruriyah, kebutuhan haajiyah, dan kebutuhan tahsiniyah. Memenuhi kebutuhan dhoruriyah, berarti memenuhi maqashid asy-syari’ah. (M/002)

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply