Kapankah Seseorang Harus Mandi Junub?

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Mandi junub atau mandi besar adalah mandi yang dilakukan seseorang untuk menjadikannya bersih (suci) dari hadas besar. Hal itu terutama apabila yang bersangkutan hendak melaksanakan ibadah seperti salat. Seseorang disebut dalam keadaan berhadas besar apabila ia mengalami salah satu dari beberapa hal berikut ini. Jika seseorang mengalami salah satu dari hal-hal tersebut, maka ia harus mandi junub.

Keluar Mani

Seseorang yang keluar mani dengan berbagai alasan; baik ketika ia sedang tidur maupun sedang terjaga, baik karena syahwat atau lainnya. Seseorang yang secara jelas telah keluar mani, ia diharuskan mandi junub. Termasuk seseorang yang keluar mani karena mimpi, ia harus mandi junub.

Melakukan Hubungan Suami Istri

Orang yang telah melakukan hubungan suami istri (senggama) diharuskan mandi junub, baik keluar mani ataupun tidak. Dalam beberapa hadis kewajiban mandi disebutkan bagi orang yang telah melakukan hubungan suami istri.

Selesai Haid dan Nifas

Baik haid maupun nifas keduanya hanya dialami oleh kaum wanita. Seorang wanita yang sudah beranjak dewasa akan mengalami haid atau juga dikenal dengan istilah menstruasi. Sedangkan masa nifas dialami oleh wanita yang telah melahirkan. Kedua hal ini; yakni haid dan nifas adalah diantara penyebab seorang wanita harus mandi junub.

Hari Jum’at

Bagi muslim laki-laki, hari Jum’at termasuk hari yang istimewa. Diantara keistimewaan itu adalah keharusan mengerjakan salat jum’at. Tak hanya itu, sebelum salat jum’at mereka diwajibkan untuk mandi junub terlebih dahulu.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply