Kader Muda Persis Harus Merapat Ke A. Zakaria

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Jeje Zaenudin (kiri), Atip Latifulhayat (tengah), Dadan Wildan (kanan)

Jeje Zaenudin (kiri), Atip Latifulhayat (tengah), Dadan Wildan (kanan)

persisalamin – Muktamar XV akhirnya menetapkan A. Zakaria sebagai Ketum Persis lima tahun ke depan. Perolehan suara A. Zakaria yang melebihi 55 % dan menyisihkan 12 nama lainnya menunjukkan hasrat warga Persis yang diwakili beberapa daerah untuk dipimpin ulama kharismatik. Sejauh ini, rekam jejak A. Zakaria dinilai positif, dan diyakini dapat membawa Persis ke garis lebih depan lagi.

Dalam mengemban amanah Muktamar, tentu A. Zakaria tak dapat berjalan sendirian. Perlu dukungan dari seluruh  komponen jam’iyah, termasuk kalangan muda sebagai aktivis intelektual. Nama-nama yang muncul dalam pemungutan suara pada Muktamar, banyak diantaranya kalangan muda aktivis intelektual. Atip latifulhayat, Dadan Wildan, dan Jeje Zaenudin adalah nama-nama yang muncul dalam musyawarah terbatas itu. Mereka adalah kaum muda aktivis intelektual yang bisa mendorong A. Zakaria membawa Persis agar lebih agresif lagi.

Sebagai Ketum terpilih, A. Zakaria harus proaktif merangkul semua kalangan di internal Persis, tak terkecuali kalangan muda aktivis intelektual tadi. Jangan sampai mutiara-mutiara jam’iyah itu terlupakan dan tidak diberdayakan dalam membangun jam’iyah. A. Zakaria harus memainkan perannya sebagai orang tua, tak hanya merangkul, namun juga menggandeng mereka untuk sama-sama memikul amanah warga Persis.

Pun demikian, kalangan muda aktivis intelektual seperti yang disebut, harus proaktif mendongkrak A. Zakaria guna mewujudkan cita-cita jam’iyah. Kaum muda aktivis intelektual itu, harus merapat ke A. Zakaria, menggandengnya dan bersama-sama melaksanakan misi kerasulan, menyebarkan kebaikan dan mencegah keburukan. A. Zakaria dan sejumlah aktivis intelektual harus berbagi tugas, berbagi peran, sesuai dengan kapasitas dan kompetensinya masing-masing.

Sebagai yang dijadikan mufti, A. Zakaria harus menjaga tradisi Persis yang kuat akan keilmuan dalam konteks fikih. Sebagai aktivis intelektual, kaum muda tadi harus memperkuat managemen jam’iyah. Terobosan-terobosan guna menghadapi tantangan dakwah jam’iyah perlu dilakukan, dan itu sangat mungkin dilakukan kalangan aktivis intelektual yang kaya akan potensi di bidang itu.

Meski wajah lama, namun A. Zakaria diharapkan mampu memberikan semangat baru bagi dakwah Persis. Kolaborasi dengan kalangan aktivis intelektual, diyakini akan menambah daya gedor gerakan dakwah Persis yang akhir-akhir ini dituntut untuk lebih agresif namun juga tetap proporsional, bahkan terbuka menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Kemajuan teknologi, harus betul-betul dimanfaatkan oleh Persis guna membantu meringankan beratnya amanah yang diemban. Maka, hai kader muda Persis, merapatlah ke A. Zakaria. (IK/0824)

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply