Jika Salat Harus Sambil Menggendong Anak

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Shalat sambil menggendong anak

Shalat sambil menggendong anak

persisalamin – Mengerjakan salat secara khusyuk bagi sebagian orang terasa sulit, terutama jika ada sesuatu yang dapat menghalangi tercapainya suasana khusyuk itu. Salah satu yang terkadang menghalangi khusyuknya salat adalah ketika membawa anak. Lau bagaimana agar salat tetap khusyuk meski sambil membawa anak?

Masalah ini diulas oleh ulama pakar fikih, A. Zakaria. Menurut dia, tidak mengapa salat sambil menggendong anak terutama jika anak tersebut menangis, karena dikhawatirkan akan mengganggu jamaah yang lain.

“Namun, diharuskan untuk tetap khusyu meski sambil menggendong anak saat melaksanakan salat tersebut,” tutur A. Zakaria dalam salah satu ceramahnya.

Peristiwa tersebut pernah dicontohkan oleh Rasulullah SAW saat salat berjamaah sambil menggendong cucunya yaitu Umamah, ketika Rasulullah SAW salat, beliau menggendong cucunya dan diletakkan kembali cucunya tersebut saat beliau sujud.

“Dan Rasulullah SAW tetap melakukan salat dengan khusyuk meski harus menggendong cucunya,” katanya.

Hal ini   sebagaimana dijelaskan dalam hadis riwayat Muslim sebagai berikut;

Saya melihat Rasulullah SAW mengimami salat orang-orang. Sedangkan Umamah binti Abu al-‘Ash berada di atas pundaknya. Apabila beliau sujud, maka beliau meletakkannya.

Dijelaskan juga dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim yaitu “Saya melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengimami jamaah, sementara Umamah binti Abil ‘Ash (cucu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam) berada di gendongan beliau.”

Dengan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa salat sambil menggendong anak diperbolehkan, tetapi diusahakan harus tetap khusyuk sebagaimana telah dicontohkan Rasulullah SAW.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply