Jika Ahok Tak Ditangkap

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Aliansi Masyarakat Jakarta Utara

Aliansi Masyarakat Jakarta Utara

persisalamin – Tuntutan masyarakat agar Ahok segera ditangkap dan diadili bukan hanya dilakukan di Jakarta yang diikuti ratusan ribu massa. Tuntutan serupa juga dilakuan dan meluas ke berbagai daerah di Indonesia. Massa mendesak agar kepolisian segera mengadili Ahok yang telah dinyatakan melakukan penistaan terhadap Al-Qur’an.

Bahkan lembaga yang merepresentasikan umat Islam, Majelis Ulam Indonesia (MUI) dengan tegas menyatakan sikap dan tuntutan agar Ahok diadili. Tak hanya itu, ulama internasional pun meminta agar kasus penistaan terhadap Al-Qur’an yang dilakukan Ahok segera ditindaklanjuti negara.

Ancaman sejumlah pihak yang mengultimatum pemerintah bukanlah isapan jempol belaka.  Sebab masalah yang disoal bukan persoalan kecil. Jika persoalannya sebatas korupsi atau tindakan kriminal lainnya, mungkin jumlah massa yang turun dan aksi mereka masih terbatas. Tetapi tidak demikian jika disoal adalah urusan agama.

Penistaan Al-Qur’an bukanlah persoalan remeh. Sebab Al-Qur’an merupakan isu agama yang merupakan harga mati dan tidak boleh direndahkan sedikitpun. Jika ada penistaan terhadap agama, termasuk penistaan terhadap Al-Qur’an, maka tuntutan untuk mengusut dan menghukum pelakunya akan terus terjadi. Tuntutan pun buan dilakukan oleh ratusan atau ribuan orang. Tetapi ratusan ribu sampai jutaan massa akan melibatkan diri menuntut agar pelaku penistaan terhadap agama ditangkap dan dihukum.

Tuntutan berbagai pihak terhadap pemerintah dalam hal ini kepolisian agar segera menangkap Ahok dan mengadilinya tidak boleh diabaikan. Sebab resikonya terlalu besar. Jika pemerintah mendiamkan kasus Ahok, stabililtas negara bisa terganggu, disintegrasi bangsa bisa terjadi, dan kerusuhan lainnya bakal sulit dihindarkan. Dan ancaman yang paling serius adalah pecahnya perang saudara. Inilah yang dinantikan oleh sejumlah pihak yang tengah mengincar Indonesia.

Akan selalu ada kesempatan bagi pihak-pihak yang tengah merongrong kedaulatan Indonesia. Kasus yang melibatkan Ahok sebagai pejabat merupakan peluang yang sangat besar bagi mereka untuk masuk dalam kasus itu dengan membawa kepentingan berbeda. Sebab isu agama sangat rentan untuk beujung pada peperangan dan sangat sulit dibendung.

Karenanya, aparat kepolisian dan penegak hukum lainnya tidak boleh main-main dengan kasus Ahok. Apapun alasannya, Ahok harus segera diproses secara hukum. Meski dukungan untuk Ahok sangat kuat; becking  dari istana, kekuatan media, dan modal pengusaha, Ahok harus secepatnya diseret ke meja hijau dan dipenjara.

Belajar dari sejarah, sebesar apapun keuatan pemerintah yang berusaha melindungi kasus-kasus sensitif, tidak dapat mencegah gelombang aksi massa. Pemerintah harus sadar, massa yang turun menyampaikan tuntutannya bukan dari satu kelompok tertentu. Tetapi, mereka adalah rakyat Indonesia dari berbagai kelompok, rakyat yang memiliki hak atas Indonesia, rakyat yang secara penuh memegang mandat. Bagaimanapun, mandat ada di tangan rakyat. Dan, kini rakyat tengah bergerak menuntut pemerintah agar melaksanakan tugas dan fungsinya. Jika pemerintah tidak melaksanakan tugas dan fungsinya, maka rakyat akan mengambil alih mandatnya, dan akan menghukum langsung siapapun yang mengusik ketenangannya. Jangan main api dengan rakyat.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply