Jenazah Munafik Jangan Disalatkan, Tapi…

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Salah satu larangan bagi umat Islam adalah menyalatkan jenazah orang munafik. Menurut Haris Muslim, Allah SWT melarang umat Islam menyalatkan jenazah orang munafik, karena munafik sama dengan kafir.

“Maka kita (umat Islam) tidak boleh menyalatkan orang munafik atau kafir karena Allah SWT telah tegas dan jelas melarang hal tersebut dalam Al-Qur’an,” tuturnya.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an Surah At-Taubah ayat 80 yaitu;

“Kamu memohonkan ampun bagi mereka atau tidak kamu mohonkan ampun bagi mereka (adalah sama saja). Kendatipun kamu memohonkan ampun bagi mereka tujuh puluh kali, namun Allah SWT sekali-kali tidak akan memberi ampunan kepada mereka, yang demikian itu adalah karena mereka kafir kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, serta Allah tidak memberi petunjuk kepada kaum yang fasik.”

Lalu dijelaskan juga dalam surat yang sama yaitu At-Taubah ayat 84 yaitu;

Dan janganlah kamu sekali-kali menyembahyangkan (jenazah) seorang yang mati di antara mereka, dan janganlah kamu berdiri (mendoakan) di kuburnya. Sesungguhnya mereka telah kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka mati dalam keadaan kafir.”

Meski demikian, tidak mudah memastikan apakah seseorang munafik atau bukan. Sebab, demikian Haris, sifat orang munafik terkadang sulit diidentifikasi.

“Sehingga agak sulit menentukan apakah seseorang itu munafik atau kafir terutama yang munafik ini,” katanya.

Hal yang paling mudah mengidentifikasinya adalah jika seseorang itu mengaku sebagai umat Islam tetapi bukan orang Islam dan tidak menjalankan apa yang menjadi kewajiban seorang muslim. .

“Maka yang demikian bisa dipastikan bahwa orang tersebut munafik (akidah) yang sama dengan kafir. Sehingga, umat Islam tidak perlu menyalatkannya sebagaimana yang dilarang Allah SWT.,” tambahnya.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply