Jangan Mencela Makanan

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Salah satu akhlak Islam yang ditunjukkan oleh Rasulullah SAW adalah tidak mencela makanan. Apapun jenis dan bentuknya, lezat atau tidak, makanan yang dihidangkan tidak boleh dicela. Ibnu Bathal menyebut orang yang mencela makanan berarti menolak pemberian Allah. Sedangkan menolak pemberian Allah berarti kufur terhadap Allah.

Abu Hurairah RA menjelaskan kebiasaan Rasulullah SAW dalam hal makan. Hal itu antara lain seperti diriwayatkan Imam Bukhari berikut.

“Tidaklah Nabi SAW mencela suatu makanan sedikit pun. Jika beliau menyukainya, maka beliau menyantapnya. Jika tidak menyukainya, maka beliau meninggalkannya.”

Jika seseorang dihadapkan pada makanan atau minuman, maka pilihannya hanya ada dua; memakannya atau membiarkannya. Seandainya makanan itu kurang menarik, tidak perlu mencelanya, tapi cukup dengan membiarkannya.

Bagaimanapun, semua makanan hakikatnya bersumber dari Allah yang pasti bernilai baik dan manfaat. Hanya saja persolan selera terkadang membuat makanan itu tidak menarik.

Sama halnya terhadap makhluk, terhadap makanan pun harus bersikap mulia, salah satunya dengan tidak mencela makanan itu. Bahkan boleh jadi, makanan yang tidak disukai seseorang justru menarik bagi orang lain.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply