Jangan Asal Dibekam

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Bekam

Bekam

persisalamin – Bekam adalah salah satu metode pengobatan pada masa Nabi SAW, disamping sebagai upaya memelihara kesehatan. Pengobatan dengan cara mengeluarkan darah kotor itu terbukti menjadi alternatif bagi dunia kesehatan. Tak heran, saat ini pun bekam digandrungi masyarakat, terutama para pecinta sunah Nabi.

Namun demikian, bekam yang baik dilakukan pada waktu yang tepat. Bekam sebaiknya dilakukan di sembarang waktu. Hal itu antara lain terkait dengan peredaran darah dalam tubuh.

Dalam salah satu hadis sebagaimana diriwayatkan Tirmizi, Rasulullah SAW menyebutkan waktu yang tepat untuk berbekam. Hal itu sebagaimana hadis berikut.

“Waktu yang paling tepat untuk berbekam adalah tanggal 17, 19,atau 21.”

Senada dengan itu, Ibnu Majah meriwayatkan hadis sebagai berikut.

“Siapa yang hendak berbekam, hendaklah ia melakukannya pada tanggal 17, 19, atau 21 untuk mencegah darah berbahaya yang dapat menyebabkan kematian pada salah seorang diantara kalian.”

Sementara itu, Bapak Kedokteran, Ibnu Sina memperjelas waktu yang tepat untuk berbekam. Dalam kitabnya yang sangat terkenal, Al-Qanun, ia menulis.

“Waktu yang tepat untuk berbekam pada siang hari adalah jam 2 atau jam 3 setelah mandi. Bila perlu, mandi dulu kemudian satu jam berikutnya berbekam.”

Untuk diketahui pula, tanggal 17, 19 maupun 21 sebagaimana disebutkan dalam hadis, adalah berdasrkan penanggalan bulan hijriyah.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply