Ini Balasan Bagi Presiden Penipu Rakyat

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Kepemimpinan dalam Islam adalah persoalan yang besar, karena menyangkut nasib banyak orang, baik dalam persoalan duniawi maupun persoalan ukhrowi. Karenanya Islam tidak sembarangan memberikan wewenang kepada seseorang untuk menjadi pemimpin. Dalam Islam pemimpin adalah orang yang bertaggungjawab ke mana arah kehidupan seseorang; apakah menjadikan rakyatnya dekat kepada Tuhannya atau malah jauh dari Tuhannya. Karena itu jugalah, Islam memberikan peringatan yang keras kepada siapa saja yang dipercaya untuk menjadi pemimpin agar bersikap adil dan memberikan ketenangan serta kenyamanan bagi rakyatnya.

Rasulullah SAW memberikan petuah kepada siapa saja yang dipercaya menjadi pemimpin agar menjalankan kepemimpinannya dengan jujur dan amanah. Jujur berarti melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang dikatakan apalagi kaitannya dengan janji-janji saat kampanye. Sedangkan amanah berarti melaksanakan wewenang sebagai pemimpin untuk memenuhi kebutuhan rakyatnya.

Dalam salah satu hadis sebagaimana diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah SAW menjelaskan ancaman bagi orang-orang yang menjalankan kepmimpinannya dengan tidak jujur, dipenuhi dengan dusta serta tidak amanah.

“Tidak ada seseorang yang diangkat oleh Allah SWT untuk mengurus rakyat lalu ia meninggal. Sedangkan saat ia meninggal itu dalam keadaan menipu rakyatnya, melainkan Allah akan mengharamkan surga baginya.”

Menipu rakyat adalah satu diantara perbuatan zalim yang sangat menyengsarakan. Yang dirugikan bukan satu atau dua orang, tetapi sebanyak orang yang dipimpinnya. Dan karenanya pemimpin itu telah berbuat zalim kepada rakyatnya. Semakin banyak rakyat yang dipimpinnya, semakin banyak pula rakyat yang dirugikan.

Dalam konteks Indonesia, jika seorang presiden melakukan tindakan yang tidak jujur, bahkan membohongi dan merugikan rakyatnya, maka pemimpin itu adalah pemimpin yang paling rugi. Hal itu karena rakyat yang dibohongi dan dirugikannya sangat banyak yaitu mencapai ratusan juta orang. Sehingga hal yang sangat layak jika Allah SWT mengharamkan surga bagi pemimpin itu. Meski pemimpin itu adalah seorang muslim, namun perbuatannya telah menyusahkan ratusan juta orang, maka sangat layak merasakan kesusahan yang sama bahkan lebih pedih, yaitu kesusahan di akhirat.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply