Hai Lelaki, Ini Tugasmu

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Allah SWT menciptakan manusia dengan bentuk dan karakter yang berbeda. Berbedanya karakter itu sekaligus menunjukkan berbedanya tugas yang diemban antara laki-laki dan perempuan.

Dalam berbagai ayat, laki-laki disebutkan sebagai orang yang memiliki tanggung jawab lebih besar. Bahkan perempuan pun menjadi bagian dari tanggung jawab bagi laki-laki.

Dalam rumah tangga, laki-laki adalah orang nomor satu yang memiliki tanggung jawab untuk menjalankan tugas dalam berumah tangga.

Akan tetapi, tugas yang diemban laki-laki tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan keluarga dalam pemenuhan nafkah. Lebih jauh dan lebih penting adalah membawa keluarga agar selamat ketika menghadap pertanggungjawaban Allah.

Itulah sebabnya, dalam Al-Qur’an antara lain dijelaskan surah At-Tahrim ayat 6, Allah mengingatkan agar lelaki menjaga diri dan keluarganya; istri dan anak agar selamat dari ancaman neraka.

Menjaga keluarga agar selamat dari siksa neraka dengan cara mengenalkan keluarga kepada Islam, diajak dan diberi contoh cara mengerjakannya, dan terus diawasi agar tidak berubah ke kehidupan sebaliknya.

Rasulullah SAW menegaskan tugas lelaki dalam menjaga keluarga. Juga disebutkan bahwa Allah akan meminta pertanggungjawaban kepada lelaki yang diberi amanah untuk menjaga istri dan anak.

“Laki-laki adalah pemimpin bagi keluarganya dan kelak ia akan dimintai pertanggungjawaban tentang mereka.” (HR.Bukhari)

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply