Guru Wajib Paham 4 Hal Ini

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
ilustrasi

ilustrasi

persisalamin – Sebagai seorang pendidik, guru harus memahami tugas dan fungsinya. Selain itu, guru juga harus memiliki banyak keterampilan, terutama sebagai bekal dalam menjalankan tugasnya mendidik.

Di bangku kuliah, juga di berbagai seminar atau pelatihan guru, sering disampaikan apa saja keterampilan yang harus dimiliki seorang guru. Demikian juga tips-tips dalam menghadapi peserta didik, sering disampaikan.

Ada beberapa hal penting yang perlu dipahami seorang guru agar sukses dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang guru. Berikut redaksi himpun beberapa hal yang harus dipahami guru berdasarkan penuturan guru-guru sukses menurut peserta didik.

Tipe Belajar

Tipe belajar masing-masing peserta didik tidak sama. Ada peserta didik yang lebih cocok dengan mendengar, ada pula yang cocok dengan perantara gambar, ada yang cocok belajar di dalam ruangan, ada pula yang cocok di luar ruangan, ada yang nyaman di tempat sepi, ada pula yang nyaman di tempat yang bising, dan lain sebagainya.

Tipe belajar yang bermacam-macam itu harus dipahami, agar peserta didik dapat ditempatkan dan diperlakukan dengan pendekatan pembelajaran yang tepat, sehingga mereka dapat mengikuti pendidikan dengan nyaman dan tuntas.

Psikologis

Keadaan mental peserta didik yang satu dengan yang lain tentu berbeda. Dan itu sangat dipengaruhi banyak faktor seperti gen, keluarga, budaya masyarakat, atau bahkan keyakinan. Kondisi mental setiap peserta didik harus dipahami, agar guru dapat menyikapi masing-masing peserta didik secara proporsional.

Kenakalan

Dalam suatu kelas, selalu ada anak yang memiliki karakter liar, yakni tidak terbiasa mnejalankan tugasnya sebagai peserta didik. Mereka cenderung melanggar ketimbang menaati aturan.

Menghadapi anak seperti itu, seorang guru tidak boleh kalah dengan siasat yang mereka mainkan. Di sini, guru paham bagaimana trik-trik kenakalan mereka agar dapat mencegah kenakalan tersebut.

Pendekatan

Pendekatan kepada peserta didik yang dipraktikkan guru beragam. Namun yang paling adalah pendekatan kekeluargaan, yakni memposisikan peserta didik seperti anak atau setidaknya seperti adik sendiri.

Pendekatan seperti itu akan melahirkan kasih sayang, sehingga sikap yang diberikan kepada peserta didik pun berupa kasih sayang.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply