Gerakan Salat Subuh Berjamaah, untuk Apa?

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Gerakan shalat subuh berjamaah

Gerakan shalat subuh berjamaah

Gerakan salat subuh berjamaah secara nasional telah dimulai pada Senin (12/12) kemarin. Sambutannya luar biasa, di salah satu Masjid saja gerakan tersebut diikuti puluhan ribu umat Islam. Di Masjid-Masjid lain hal serupa juga tampak semarak. Banyak pihak menyebut, gerakan tersebut sebagai awal kebangkitan Islam. Indonesia disebut-sebut sebagai negara yang akan mengawal kebangkitan Islam, selain Turki dan Arab Saudi.

Tentu bukan tanpa alasan para pemimpin umat Islam yang tergabung dalam GNPF MUI menggagas dan menggerakkan umat untuk gemar ke Masjid dan menggalakan salat subuh berjamaah. Ketua GNPF MUI, Bachtiar Nasir menyebut bahwa gerakan salat subuh berjamaah merupakan langkah awal dari revolusi Indonesia. Tokoh GNPF MUI lainnya, JJ. Zaenudin menyebut bahwa Subuh adalah waktu yang paling baik bagi umat Islam dalam aspek apapun. Sehingga gerakan salat subuh berjamaah akan melahirkan kekuatan umat Islam. Kebangkitan Turki, juga disinyalir sebagai hasil dari gerakan salat subuh berjamaah yang dimulai di era Erdogan.

Selain sejumlah alasan dan keutamaan salat subuh berjamaah sebagaimana disebutkan di atas, ada keutamaan lain yang lebih dulu disebutkan Allah SWT. Salat Subuh, adalah salah satu salat yang sangat ditempatkan sebagai waktu yang spesial. Allah SWT menerangkan hal itu dalam beberapa hadis qudsi berikut.

“Dari Jundub bin Sufyan RA dari Rasulullah SAW beliau bersabda; barangsiapa melaksanakan salat Subuh, pasti ia ada dalam pemeliharaan dan penjagaan Allah. Maka renungkanlah wahai manusia, jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepadamu atas penjagaan-Nya kepadamu.” (HR. Muslim)

“Dari Abu Zuhair Umarah bin Ruaibah RA ia berkata, saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda; orang yang melaksankan salat sebelum matahari terbit dan sebelum matahari tenggelam ia tidak akan masuk neraka.” (HR. Muslim)

“Dari Abu Musa RA berkata, ssungguhnya Rasulullah SAW pernah bersabda; barangsiapa salat Subuh dan Asar, maka ia akan masuk surga.” (HR. Bukhari-Muslim)

Tiga hal diantara keutamaan salat Subuh berjamaah adalah akan selalu dijaga oleh penjagaan Allah SWT., diharamkan masuk neraka, dan dijamin masuk surga. Ketiga hal itu, diperoleh tidak dengan begitu saja. Tentu ada efek yang terlihat dari sikap dan perilaku orang yang melaksan salat Subuh. Sikap dan perilaku tersebut antara lain disiplin, berani, tegas, jujur dan bersemangat. Beberapa sikap tersebut akan mengantarkan manusia pada kemampuan luar biasa sehingga menjadi orang-orang yang unggul. Dari sinilah kemudian akan melahirkan kekuatan yang besar sehigga berbuah pada kemenangan.

Kebangkitan yang akan berujung kemenangan dna kejayaan itu, berawal dari gerakan salat subuh berjamaah. Gerakan salat subuh berjamaah akan melahirkan pribadi-pribadi yang luar biasa. Pribadi-pribadi inilah yang akan membawa panji-panji kebangkitan dan kemenangan serta kejayaan Islam. Semoga.

Print Friendly
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

Leave A Reply